24 Mei 2010

Cara Menangkap Nyamuk Pake Jari


Pada postingan kali ini saya akan memaparkan seluk beluk rumah saya di Perumahan Taman Gading blok GG-03 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Rumah ini saya beli pada sekitar akhir tahun 2004 dan baru ditempati pada awal tahun 2005 dengan tipe 36 (7x12m) awalnya terdiri dari 2 kamar, 1 ruang tengah, teras, lompongan, dan kelebihan tanah sisanya untuk pekarangan belakang termasuk dapur dan kamar mandi. Untuk lebh jelasnya, penampakan rumah saya dibagi menjadi 2 periode waktu, yaitu periode 1 tahun  2005-2009 dan periode 2 tahun 2019-sekarang.

Periode 1 (2005-2009) 

Bangunan masih terlihat relatif asli, sebagian besar renovasi bangunan terlihat pada penambahan pagar dan ruang dapur 
  • Tampak Depan

    • Bagian dalam

      
      
      
    • Bagian Samping/lompongan (Ukuran sekitar 1,5m x 3m)
           Saya memanfaatkan  bagian samping rumah untuk kolam ikan koi sebagai bagian dari kesenangan saya pada ikan.


           




              •  Belakang (ukuran 4m x 7m)
                  Periode 2 (2009-sekarang)
                  • Jalan lingkungan (depan rumah)
                     



                    • Jalan lingkungan (doubleway) 

                      
                    • Depan rumah
                    Desain depan teras ditambah ruang garasi mobil dengan pintu gerbang remotan canggih buatan sendiri, selengkapnya lihat di https://lukmannet.blogspot.co.id/2015/11/membuat-sendiri-mesin-buka-tutup-pintu.html.  DIY satu-satunya di Indonesia.
                    • Bagian Samping 
                    Saya memanfaatkan  bagian samping rumah untuk kolam ikan koi sebagai bagian dari kesenangan saya pada ikan. Volume air kolam (plt) sekitar 250 x 70 x 100 cm3 dengan posisi relatif di bawah tanah.

                     
                     Sistem filtrasi sudah canggih menjamin air tetap bening dan tidak perlu dikuras.


                    Berkat adanya kolam ini pula, saya tergerak untuk membuat alat pemberi makan ikan otomatis https://lukmannet.blogspot.co.id/2009/05/membuat-sendiri-pemberi-makan-ikan.html DIY satu-satunya di Indonesia yang saat ini telah saya jual sebanyak ratusan unit menyebar ke seluruh Indonesia. Lihat di https://lukmannet.blogspot.co.id/2013/04/feeder-ikan-otomatis-morogede.html
                      Terkait penataan kolam samping rumah, pernah saya upload ke youtube, selengkapnya lihat di https://www.youtube.com/watch?v=7-yNp_yUfTU. Pada perkembangannya, agar lebih nyaman saat ini celah ke kolam telah ditutup dengan teralis.
                      • Kamar Utama dan Tempat Jemuran Lantai 2 tampak depan

                        • Pemandangan dari Balkon lantai 3



                         
                          

                        g) Atas Teras (lantai 2)
                        Pernah ditanami buah naga supered, buah melimpah karena habitat dan cahaya matahari yang optimal. 







                        Keterangan Lain-Lain
                        1. Listrik menggunakan daya 450VA yang mempunyai keunggulan tersendiri di tengah isu naiknya tarif listrik saat ini. Tagihan hanya berkisar 60 ribuan setiap bulan dengan beban pompa air, kulkas, lampu, pompa kolam 24 jam, dan lain-lain. Apakah tidak sering jeglek?  Tidak dong, kan ada teknologi DIY Morokuat https://lukmannet.blogspot.co.id/2010/06/mendongkrak-daya-450-watt.html. DIY satu-satunya di Indonesia.
                        2. Tandon di lantai 3. Dengan posisi ini akan sanggup mengalirkan air dengan lancar pada lantai 2 yang telah ditempatkan mesin cuci berdekatan dengan jemuran.
                        3. Pernah ada sebuah akuarium bening di teras, namun saat ini telah berubah menjadi tempat barang dan perkakas bengkel. https://lukmannet.blogspot.co.id/2011/11/aquarium-dengan-filter-tenggelam-dan.html