Cara Mudah Membuat HP Menjadi Remote Control


Rangkaian Penguat Getar Ponsel

Pada postingan kali ini saya akan memaparkan salah satu cara memanfaatkan jaringan seluler HP sebagai kontrol jarak jauh untuk menyalakan peralatan listrik. Kalau Anda mempunyai ponsel tidak terpakai, mending sambil gunakan sebagai penerima kontrol jarak jauh untuk melakukan tugas-tugas tertentu dalam keseharian kita, sip bukan?
Rangkaian yang saya akan saya paparkan di sini sebenarnya hanya berupa penguat sinyal getar HP satu channel yang sederhana dan diharapkan bisa dibuat oleh pemula sekali pun. Namun demikian lumayanlah dapat menghemat tenaga operasional dan gaya-gayaan tentunya, he he, misalnya dengan menggunakan panggilan HP untuk:
  1. Memberi makan ayam/burung/ikan,
  2. Menyalakan dan mematikan lampu, (sebaiknya tambahkan dengan rangkaian nyala-mati (toggle),
  3. Menghidupkan sepeda motor/mobil/klakson,  
  4. Pengaman rumah, dan lain-lain.
Sekedar diketahui, terdapat 3 jenis keadaan yang dapat disensor saat HP menerima panggilan, yaitu cahaya, getar, dan suaranya. Dari ketiga keadaan yang dapat disensor itu ternyata sensor getar lebih dapat diandalkan mengingat kita bisa mengatur tempo kondisi ‘On’. Ini dapat dibuktikan pada saat kita calling (HP bergetar), sesegera kita putuskan panggilan, HP juga berhenti bergetar.
Lain halnya jika memakai sensor cahaya, begitu kita putuskan panggilan, lampu pasti masih tetap menyala. Jadi kesimpulannya, respon getar lebih akurat daripada respon cahaya. Namun jika Anda penasaran akan rangkaiannya, bisa kunjungi http://www.electronicecircuits.com/electronic-circuits/ldr-light-detector sebagai referensi. Cara kerjanya simple, Anda cuma harus mendekatkan sensor ke LED atau layar LCD HP, karena itu HP harus ada pada situasi lingkungan juga gelap agar dapat mendeteksi perubahan cahaya LCD, yang sebenarnya agak merepotkan juga.
Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya Anda ketahui bahwa pada postingan ini saya hanya memaparkan salah satu cara membuat sebuah penguat getar HP yang pada gilirannya dapat digunakan sebagai remote kontrol. Saya membahas rangkaian ini secara general untuk semua jenis HP dengan asumsi semua motor getar HP berputar pasti karena tegangan pada terminalnya. Nah, tegangan inilah yang kita manfaatkan dan saya maksudkan hanya 1 (satu) panggilan dari kita saja yang mampu menggetarkan HP tersebut. 
Untuk alasan keamanan, saya meminta Anda untuk mempertimbangkan menggunakan rangkaian ini untuk hal-hal berisiko, misalnya starter mobil/motor dan semacamnya. Saya tidak akan membahas melebar bagaimana caranya agar HP hanya mampu menerima 1 panggilan saja karena baik settingan operator, jenis HP, maupun  fakator HP error sangat beragam. Hal ini menjadi bahan pemikiran Anda untuk memutuskan apakah rangkaian ini aman atau tidak jika digunakan untuk hal-hal beresiko tersebut. Kalau saya pribadi lebih menyukai ini sebagai hiburan ataupun ngisengin teman-teman, he he...

Baiklah langsung saja, komponen yang diperlukan hanya berupa sebuah resistor 1000 Ω, sebuah Transistor NPN D400 atau yang lain, sebuah Relay 6-12V, sebuah Dioda IN4002. Sedangkan untuk HP memliki fitur getar serta kalau bisa fitur SMS dapat dinoaktifkan, baik melalui setting, aplikasi pemblokir SMS, ataupun pemilihan operator yang bisa memblokir SMS, karena diharapkan hanya panggilan saja yang dapat mengaktifkan rangkaian ini.

Langkah pembuatan:
  1. Buatlah rangkaian seperti pada gambar di atas dan pastikan relay bekerja saat Anda beri input tegangan sebuah bateray 1,5V relatif terhadap tanah;
  2. Bongkarlah sebuah ponsel/HP murahan, jelek, sembarang merk (tapi yang tidak rusak dan kartu masih aktif, Bos) untuk menyambung dengan kabel kecil secara paralel (solder) 2 terminal motor vibrator keluar dari casing HP atau langsung sambung dengan soket kecil jika dikehendaki rangkaian mudah dilepas dan disambung;
  3. Sambungkan 2 kabel terminal di atas dengan saluran input rangkaian yang Anda buat, dan cobalah melakukan panggilan ke HP tersebut (jika belum bisa, baliklah polaritasnya);
  4. Settinglah HP tersebut sehingga hanya panggilan yang dapat mengaktifkan vibrator.

Cara kerja rangkaian:
Tegangan vibrator HP akan diumpankan ke basis Transistor D400 dan diperkuat arusnya untuk mengaktifkan relay 6-12V sesuai dengan irama getar HP. Jika perlu ‘penghalusan’ karena mode getar yang terputus-putus, bisa Anda tambahkan kapasitor elektrolit kecil paralel relatif terhadap tanah pada saluran input. Fungsi dioda hanya untuk menghubung singkat GGL transien saat relay aktif. Lama kondisi ‘On’ relatif sama dengan kondisi kita calling.

Contoh aplikasi pada mekanik Centrifugal Auto Fish Feeder yang bisa aja diisi pelet/konsentrat/jagung untuk pakan ternak ikan/ayam/burung:

Tambahan rangkaian khusus untuk starter elektrik
Terdapat tambahan khususnya apabila rangkaian ini digunakan untuk menyalakan starter elektrik sebuah motor, bukankah untuk menyalakan starter tersebut kondisi kontak motor harus dalam keadaan 'On'?

Pada prinsipnya terdapat tambahan sebuah rangkaian penunda waktu sederhana yang agar mudah dibuat mirip dengan rangkaian awal. Sebagian muatan listrik yang mengalir sebagai akibat aktifnya relay 1 dicuplik untuk mengisi kapasitor (setelah melewati dioda) yang selanjutnya muatan ini akan sedikit demi sedikit dikeluarkan untuk menyuplai kebutuhan arus basis-emitor transistor 2 guna mengaktifkan relay selama periode tertentu / sampai muatan tadi habis sehingga relay 2 menjadi 'off'' (bisa sampai beberapa menit).
Jadi pada saat saluran input diberi tegangan, kedua relay akan aktif relatif bersamaan, yang mana relay 1  menyalakan starter sedangkan relay 2 akan menyalakan kontak sepeda motor selama waktu tertentu (beberapa menit tergantung kapasitas elco). Tentu saja jika ingin benar-benar menjalankan motor, kunci kontak harus diputar beneran, jika tidak, motor akan mati di tengah jalan.


Selamat mencoba....

98 comments:

PaksiYS mengatakan...

terima kasih pak atas infonya,tapi apa tidak ada petunjuk yang lebih detailnya?

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

Petunjuk apa gan?

soldien mengatakan...

prinsipnya mengganti motor getar menjadi switch, begitukah pak Arif?
kelemahannya remote/Hp tersebut perlu biaya untuk memperpanjang massa tenggang kartu agar tidak expired, juga bergantung pada kondisi sinyal operator, kelebihannya jangkauan remote tersebut jauh.,
cukup kreatif nih pak Arif,
salam kenal pak!

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

Trims, salam kenal balik pak. Benar sekali telaahan Anda.

Anonim mengatakan...

mas bro....transistor itu fungsinya sbagai saklar ta? pas basis kena input dari vibrator
trus tegangan negatip yg di emitornya bisa lewat ke kolektor gitu ta?..
jdi relay itu hanya diputus dari negatipnya saja ya
mohon wangsitnya masbrow

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

Iya betul, sebagai saklar. Jadi sebagaimana prinsip kerja transistor sebagai saklar, aliran arus kecil dari basis ke emitor, akan menyebabkan sambungan kolektor emitor yang sebelumnya putus, menjadi tersambung. Nah, kondisi nyambung inilah yang akan membuat relay bekerja (kolektor nyambung ke tanah).

Anonim mengatakan...

pengganti transistor d400 apa ya? Soal cri transistor d4oo susah.!tlng di bantu ya pa?

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

Coba aja D438 ato Dxxx semua, ato transitor bekas lampu TL 5W.

Anonim mengatakan...

saya sudah aplikasikan ide ini tahun 2007 pada kndraraan bermotor untuk remote dan pngaman jrak jauh dan sy launching dprsahaan tmpat sy bkrj.by rhmt enginer programing & electric system.brti sm dgn ide sy.term ksh smg tetep jaya ptra indonesia

zero mengatakan...

gan saya udah nyoba rangkaian di atas, tapi kenapa tidak berfungsi ya?
saya coba pake HP Motorola, menggunakan transistor d400e.
tapi prinsip saklarnya tidak bekerja.
kenapa ya?

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

@Rahmat: Berarti kita sepemikiran donk. Ok trima kasih atas info dan kunjungannya, semoga sukses selalu.
@Zero: Coba cek tegangannya pake Voltmeter dengan sabar, pasti ketemu masalahnya.

Anonim mengatakan...

bagaimana dengan charger hpnya, tekor gak aki-nya klo sekalian dibwt charger ponselnya,

Yatmo Wibowo mengatakan...

kalo tahu no hp itu, berarti bisa dihidupkan oleh siapa saja ya?
bahaya donk...,
ntar dihidupkan oleh orang iseng,,,
trus kalo motor hidup, dilarikan orang bisa dimatikan ngga'?


Anonim mengatakan...

berarti kalo hp aktif(bergetar) relay untuk stater hidup trus slama getar hp blum berhenti.sedangkan dinamo stater skali tekan aja uda nyala.klo relay nyala trus berarti stater nyala trus

Anonim mengatakan...

untuk relay yang 9 & 12 volt jumlah kakinya berapa gan

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

@Agan1: Pasti tekor namanya dibuat ngecas Gan, tapi konsumsinya tidak seberapa dibandingkan dengan kapasitas accu yang besar.
@Yatno Wibowo: Makanya rekomendasinya pake HP yang bisa memblokir panggilan lain, Gan. Plus dirahasiakan dong nomernya.
@Agan2: Betul, tergantung getar HP, makanya kalau miskol jangan lama-lama Gan.
@Agan3: Relay pasaran biasanya kakinya 5, lebih jelasnya lihat di googe, Gan.

Anonim mengatakan...

berarti klo getarnya mati bkan stater aja yg mati kontak jga ikut off.

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

Ya tidak dunk. Pada saat getar nyala dan relay aktif, sebagian arus digunakan untuk mengisi kapasitor yang berfungsi mengaktifkan untuk relay 2 unruk nyala-tunda kontak.

diexy mengatakan...

klo untuk saklar lampu scemanya ada g?
klo ada, kirim ke diexy.web@gmail.com

Hendy Vambrian Wijaya mengatakan...

mas... saya minta ijin copas boleh?

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

@Diexy: Kl untuk saklar lampu biasanya pake toggle switch, yaitu sekali tekan 'nyala', tekan berikutnya 'mati'. Dulu sy pernah buat pake inverter CMOS 4049 kl gak salah, tp skemanya hilang. Km coba buat link ini http://www.zen22142.zen.co.uk/ronj/tg2s.html atau http://electroschematics.com/5504/toggle-switch/
@Hendy: boleh

hasbullahmarwan mengatakan...

masih pusing nih liatnya.. bisa jelaskan secara rinci? pake foto boleh

Obat Kembali Gadis mengatakan...

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

Obat Kuat Herbal Alami mengatakan...

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

Otakatik mengatakan...

kalau bisa buat rangkaiannya untuk anti maling pada mobil/sepeda motor yang perinsif kerjanya kalau motor dicuri orang terus kita miskol motor langsung mati secara pemanent dan kalau mau mengidupkan harus di reset ulang,untuk resetnya bisa melalui miskol 3x atau gimanalah

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

@Obat kuat: Trims, smg laris juga dagangannya bro, he he he...
@Otakatik: Itu termasuk pengembangan bro, bisa juga dibuat spt itu.

Radio On Air mengatakan...

wah pak.
saya mau nnya..
Gmana ya cara membuat control jarak jauhnya menggunakan wifi.
saya mau membuat remote menggunakan wifi pada smartphone android.
kira2 perlu pakai arduino wifi ga.?

Anonim mengatakan...

ada nggak pak, rangkaian untuk remote control menggunakan SMS ?

ghalonister mengatakan...

mas saya minta gambar rincinya donk untuk stater motor lewat handphone...
klo bisa kirim ke email ini ya...
kurniawan.300189@gmail.com

minta tolong bgt mas..penting buat tugas kuliah..
sebelumnya saya ucapkan terima kasih

kanak sasak mengatakan...

pak bisa gak buat inputnya dari nada hp biar kita gak bongkar-bongkar hpnya gitu, tinggal di colokin handsfree ja ke rangkaian tu ????!!!

emonaza mengatakan...

gmn cara kl kta mo atur waktu untuk starter motor,misal kta perlu waktu beberapa dedik ja..trims..

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

@Radio: KUrang jelas pertanyaannya gan, setahu ane, kl wifi kan harus tergabung ke network. Kl ngeprint bisa karena ada perangkat yang support wifi network.
@KL SMS bisa pake microkontroller, ane pernah baca di google.
@Glalonister dan Emonaza: Wah, kan udah dibahas di postingan gan?
Kanak: Bisa dicoba itu gan, tp sepertinya agak ruwet :)

Anonim mengatakan...

pak, yg RL 6v itu apa trafo?
saya pngen simulasikan

dendin kidswear mengatakan...

salam kenal mas arif.
perkenalkan namasaya perdy.
ada yang ingin saya tanyakan, klo remot kontol yang digunakan untuk helikopter2an anak-anak, kita ubah ke remot kontrol untuk mainan mobil-mobilan gimana caranya ya. terimakasih

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

@RL itu relay dengan lima pin, lengkapnya lihat di google tentang bagaimana konstruksi fisik sebenarnya.
@Perdy: Sip juga pertanyaannya. Klo kita fungsikan pemancar remote kontrol maka akan ada respon pada penerimanya, misalnya pada putaran motor. Biasanya sinyal tegangan pada penerima terlalu lemah untuk dapat menggerakkan motor besar seperti yang kita harapkan. Untuk ini kita perlu sebuah rangkaian penguat arus (transitor), yang bisa juga berupa rangkaian saya di atas.
Sekedar info, dulu saya manfaatkan remote kontrol mobil2an yang sederhana (hidup-mati) untuk menyalakan/mematikan lampu rumah yang mana output dari receiver remote dihubungkan dengan rangkaian toggle switch (saklar mati-hidup)serta sebuah SCR. Jadi saat saya tekan pertama-nyala, tekan kedua-mati.

Anis Sulanjari mengatakan...

kl sbg remote control buat buka pintu gerbang gt gimana ya mas caranya? mohon pencerahannya

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

Bagus idenya Mbak. Jadi keluaran dari relay (sisi saklar) digunakan untuk menggerakkan motor. Nah, agar torsi motor menjadi besar guna menggeser gerbang, perlu sistem gearbox yang memadai. Tentu saja ada beberapa bagian gerbang yang perlu dimodif disesuaikan dengan sistem elektromekanisnya.

agustian dwianto mengatakan...

mas mau tanya,dioda yang ditengah antara relay 1 ke rangkaian yang kedua type berapa ya kok gak ada keterangannya...makasih

Riki Rukmana mengatakan...

wih.. keren beneran, nyalain motor pake hp... tapi ane ga ngerti elektronok sob..

Ngrambe mengatakan...

Wah makasih sekali gan atas informasinya sangat bermanfaat sekali bagi saya yang ingin belajar :)

Anonim mengatakan...

mas unuk elconya yang berapa volt




Lukman Arif Wijaya mengatakan...

@Agustian: Dioda biasa Mas, 4001, 4002, 4003, dll
@Kiki: Bukan elektronok, tp elektronik, he he. Msh ada waktu belajar. Elektronik juga cuma hobby, bidangku malah listrik PLN.
@Ngrambe: Ok, sama-sama, semoga manfaat.

ari permadi mengatakan...

wah makasih banyak gan infonya, ane mau nyoba" buat TA ane nanti...
makasih infonya

sang midi mengatakan...

Salut dan bagus sekali idenya,,
tapi saya punya usul sangat bermanfaat, sekarang sedang musim pencurian, pembegalan dan sebagainya, tolong buatkan kebalikanannya kali ini untuk menghidupkan kendaraan, tolong buat mematikan kendaraan,,trim..

Salam, koleksimidiku.blogspot.com

Yakub nawawi mengatakan...

@gan mantaft bener neh infoh ijin copas boleh gan yahhh

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

@Ari: Sip Gan, lanjuut.
@Midi: Trims. Klo mau matikan kendaraan saat operasi, tinggal ubah posisi saklar relay yang awalnya ke NO (Normally Open)ke NC (Normally Closed), sehingga pada saat dimiskol, ia akan memutuskan hubungan listrik.
@Yakub: Boleh bos, silakan.

Riffat iffat mengatakan...

relaynya pake yg brp ampere bos???

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

Pake yang kecil aja bos, putih plastik pasaran kuwi...

Anonim mengatakan...

Mau tnya donk gan. Klau msngnya gmna ya? Tpi sya lht, casing hpnya dgn rngkainnya gk bsa. Klau bsa diksh gmbr biar tahu dan tgngan komponennya gan.

Sep Zunot mengatakan...

widihhhh bolehhh juga nichhhh

thank's dachhh gan

norman saja mengatakan...

Keluaran volt motor henpon tu pas ngak ya tuk volt motor mainan mobil mobilan anak2,

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

@Zunot: Sip dah.
@Norman: Ya gak kuat gan, hrs pake penguat arus (transistor)

tetapjayamotor309 mengatakan...

tegangan yang keluar dri hp 3volt, bngung nentukan transistor nya bos?

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

Apanya yang bingung, sambung aja, asal ada resistor loh.

Anonim mengatakan...

mkasih bro info nya ..

gohoits mengatakan...

Mas Terimakasih info2nya mas, mas klo boleh minta rangkaiannya bisa yg HP menghidupkan starter sepeda itu rangkaiannya bagaimana, serta rangkaian pada HP untuk yg telah dibongkar jg bagaimana Mas, Mohon Pencerahan, Boleh minta tolong dikirim ke email : goho_mostwanted@yahoo.com , terimakasih sebelumnya mas...

Hesesare mengatakan...

Jos markojos.....!!!! sukses terus om lukman....

Radio On Air mengatakan...

mau nanya mas.
saya kan mau buat remote alarm untuk sepeda motor.
jadi saya pasang relay di klaksonya.
sehingga saat kunci kontak on klakson berbunyi.
tetapi saat kunci kontak di off kan, klakson juga ikut mati.
gimana ya caranya kalau kunci kontak di offkan klakson tetap berbunyi.

mustain anam mengatakan...

Gan ane mau tanya nih,rangkaian diatas itu cuma untuk menghidupka motor saja ya?kalau benar,ada gak rangkaian untuk mematikan auto dari hp itu sendiri?
mohon komentarnya Gan,,

Unknown mengatakan...

Kalau mau cangih lagi : bisa matiin kendaraan lewat sms, mengetahui posisi kendaran lewat sms pakai GPS Tracking.. skg harganya murah.. lebih murah dari HP.

Ikbal sejati mengatakan...

Bisa pak arif krim vdio tentg pembuatan hp menjd rem0t kontrol,soal.a saya kgak ngrti mas..tlg ya pak..pgen bgt qu buat2 kek gt.!
ikbal_sejati44@yahoo.co.id

Rendra mengatakan...

wah mantap om..
smga tambah sukses z..

Anonim mengatakan...

ini yang biasa dipakai teroris

Anonim mengatakan...

aduh kang jadi puyeng, coz ane pemula sekali, klo boleb reques tolng dong posting articl mengenai cara mengetahui macam2 komponen & cra membaca rangkaian komponen....he..he..he

Edhi Putra mengatakan...

utk rangkaian diatas jika ada sms dari salah satu penyedia layanan yg kita pakai (misal Telkomsel)pasti juga vibrate akan berfungsi,dan pasti akan berpengaruh pada rangakaian stater/penguat utk aktifkan relay agar posisi ON jika Vibrate pd hp mendapat tegangan dr ponselnya.bukankah begitu Mas Bro..? utk solusi demikian bagaimana..?

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

@Gohoits: pada intinya rangkaian di atas kan begitu mas, lihat penjelasannya.
@Heresare: Jos juga mas, trims.
@ROA: pake penunda waktu seperti rangkaian kedua di atas mas, lihat penjelasannya.
@Kalau mau matikan tinggal balik posisi saklar relaynya. Kl ngidupin kan NO (Normally Open), ganti ke NC (Normally Closed). Kl kurang jelas tentang istilah di atas, tlg sambil lihat di Google tentang penjelasannya.
@Mister Unknown: Bisa kalau ada yang minat, trims.
@Rendra: SIp, bos.
@Anonim: tergantung yang pake Gan, korek pun yang buat ngidupin rokok, bisa buat bakar mobil kok.
@Edhi: pasti pengaruh Mas, karena itu saya sarankan pinter-pinter cari operator dan/atau merk HP yang dipakai, cari yang bisa blokir SMS dan panggilan tertentu. Saya tidak bisa nyarankan, takutnya kalau gagal saya disalahin, he he. Tapi saya yakin dari ribuan yang pernah buat alat ini pasti ada beberapa yang mempunyai solusi tentang permasalahan ini.

iyuk mengatakan...

Tolong di jelaskan secara jelas, karena arus positif langsung pada relay, sedangkan arus negatif melalui mana ?
Karena relay memerlukan arus negatif.
Lalu posisi vibrato si copot atau di pasang secara paralel klo secara paralel di letakkan di mana karena input yang anda buat cuma satu titik sedang titik kedua dari vibrato di posisikan kemana ?
Tolong di buat skema yang jelas jangan membuat orang bingung dalam hal2 seperti ini !!!

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

Simbol segitiga dalam tata pembuatan skema berarti pentanahan Mas, dalam hal ini negatif. Jadi semua tanda segitiga digabung. Menurut saya lebih sederhana rangkaiannya kalau dibuat begitu.

suyati effendi mengatakan...

mas bisa gak di buatkan langsung dari awal dengan gambar yang lebih jelas,..?? tolong mas

Anonim mengatakan...

mau nanya, kalo remote kontrolk itu masuk elektonik murni atau campuran ?

Anonim mengatakan...

Salam kenal mas, pertanyaan saya utk baterai hpny sendiri bagaimana? Apakah otomatis chass?

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

@Suyati: Gambarnya udah cukup jelas Mbak, sekalian belajar versi lain gambar skema. Emang yang belum negrti yang mana?
@Murni barangkali bro.
@Salam kenal juga. Karena saya hanya membahas charger HP dengan macam-macam batere, maka Masbro juga ngecasnya dengan cara masing-masing spek baterenya. DI google banyak kok bro...

arif bejo mengatakan...

siip

muhammada isyrafi mengatakan...

trima klasih buat tuk belajar

TRINO SAPUTRO mengatakan...

Salam kenal Pak Arif.

Pada skematik di atas terminal inputnya cuma ada satu ya Pak, yang terhubung dengan basis transistor itu saja. Apa benar yang saya maksud ini? Terimakasih.

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

@Arif: Sip juga Rip.
@M. Isyrafi: Ok, selamat belajar.
@Trino: Input itu artinya memasukkan beda potensial, jadi minimal ada dua. Jadi satu ke basis transistor, lainnya ke nol (simbol segitiga). Ntar terbiasa baca skema model gini Gan, trims.

Kimmaru Afi mengatakan...

bro ada yang bisa rakit remote control untuk mobil ga? kalau ada bs lgsg hub 085777788778 pakai listrik aki DC24V, 1.5A

Muhammad Wahyudi mengatakan...

bermanfaat sekali informasinya gan,
kebetulan ane ada keperluan membuat kontrol jarak jauh untuk menghidupkan tombol on PC, apa aja kira2 yg diperlukan,apakah cukup dengan toggle switch aja,atau harus menggabungkan dengan sistem mekanikal, atau ada cara lain yg lebih mudah selain dari wake on melalui wlan.
tolong ya gan ane butuh banget.
thx

yusuf ambul mengatakan...

bisa minta tolong ya aku di rakitkan mau beli yg sdh jadi aja, klu ada waktu di rakitkan ya ... inbox ke yusufambul@gmail.com

beny suwiknyo mengatakan...

Terimakasih banyak atas ilmu yang bermanfaat ini mas bro, satu lagi nih saya mau tanya, apakah rangkaian tsb bisa kita pakai untuk mematikan dan menghidupkan lampu dirumah? karena arus listrik dirumahkan AC, sedangkan arus pada rangkaian ini DC.
Mohon pencerahannya masbro, saya tunggu.
bisa email juga ke benny@gatotkaca.co.id

beny suwiknyo mengatakan...

Mohon penjelasannya, dari tombol starter ke kapasitor 470uK dihubungkan dengan Dioda apa ya mas? karena di gambar skema tidak dicantumkan jenis Diodanya.
saya lagi mencoba nih, tapi belum berhasil, mohon Doa'nya ya.

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

@Kimmaru: Optimis bisa, cuman maaf saya tidak punya waktu. Ide saya adalah dengan memanfaatkan alarm central lock mobil. Kan sudah teruji keamanannya.
@Wahyudi: kalau cuman ngidupin PC, cukup sekunder relay diparalel dengan saklar tombol PC-nya.
@Beni: Kalau lampu pake toggle switch mas, seperti yang dijelasin di atas. Pake dioda sembarang 1N 2002 gpp. Amin, tak doain...

Muhammad Wahyudi mengatakan...

sebelumnya terimakasih atas tanggapannya,
tegangan yg ada pada saklar tombol PC berapa volt ya gan? dan sekunder relaynya yang berapa volt?

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

Kalo sekunder relay kan cuma kontaktor biasa mas. Coba aja bongkar casing relay dan pelajari sistem kerjanya.

Muhammad Wahyudi mengatakan...

ok terimakasih atas ilmunya gan,trus berkarya dan berbagi

kangg_arif mengatakan...

pak rangkaian itu bisa buat spda motor gk? coz mau bikin buat spda. jd bisa ngotrol adeek di rumah. byar spdaya gk di pakai untuk kesana kemari. mhon bimbinganya

Rehan Fathurahman mengatakan...

maksih atas infonya .. sangat bermaanfaat...
saya udah coba rangkaian di atas .. dengan output vibrator hp 1 volt masuk ke basis transistor .. kok tidak bisa yaaaa ???

Asmuie mengatakan...

mak kasih mas ya....ilmunya,semoga dapat saya praktek kan.

dher electronic service mengatakan...

ok,trmks bnyak atas masukan tecknologi nya.ok akan sya coba moga bermanfaat.

Dwi Kurniawati mengatakan...

Klo mau bikin power bank dgn inputan dr generator kecil AC (dinamo sepeda) . Yg mau sya tanyakan adalah , dinemo sepeda itu berdasarkan tegangan outputnya ada brpa macam ya ? Kan ada dinamo sepeda dgn tegangan 12 Volt . Klo dinamo sepeda tegangan 6 Volt ada ga , adanya cuma 12 Vac aj ya ?

yusuf ambul mengatakan...

mas LUQMAN ARIF WIJAYA tersayang...
trm ksh atas skemanya... dari posting comment saya tgl 8 februari 2014 baru hari ini 26 mei saya brhasil membuatnya, (krn sibuk kerja on-time) jd saya biarkan brhamburan selama blm rampung. seblmnya sempat pupus harapan dgn kombinasi skema yg lain bolak balik SCR 2N4441/ BC 547/BC 548 dsb. tp hari ini brhasil.
sedikit pencerahan = dioda 4002 saya ganti 4007, dan resistor 1k ohm tdk saya pakai
di ukur dgn multi tester out put dari vibrator hape adlh sekitar 2volt. yg mana negatifnya masuk ke input skema di atas dgn tdk melalui resistor 1k ohm (ke basis transistor untuk membuka kran agar arus 12volt masuk lewat emetor ke kolektor /kaki rellay
sedangkan arus positif dari vibrator hape yg satunya masuk ke ground(negatif)
cuma ada pertanyaan mas ARIF.... rellay'nya nyantol terus... untuk mengembalikan ke posisi semula arus positif 12volt'nya nya di copot baru kembali kaki saklar rellaynya. saya mau yg push-on agar bisa untuk starter kendaraan.
kira2 ada yg salah di mana ya ..???

yusuf ambul mengatakan...

rangkaian tambahan yg kedua (penunda waktu) itu saya blm brhasil mas Arif... relay msh push-on secara singkat
saya coba pake 1000uf msh blm berhasil
kira2 klu pake elco yg lbh besar mgkn bisa gak..?

Lukman Arif Wijaya mengatakan...

@Muh. Wahyudi: Oke mas, sama-sama.
@Kang Arif: Bisa mas, dicoba aja.
@Rehan: Coba resistor ke basis dikecilin nilainya.
@Asmu'ie dan Dher: Sama-sama Mas, silakan coba.
@Dwi Kurniawati: Bisa dek, tanyain ke tokonya terkait tegangannya. Cuma permasalahan dinamo sepeda adalah tegangannya juga tergantung pada rotasi/kecepatan sepeda.
@Yusuf Ambul: Barangkali masih ada tegangan di HP Mas, coba diukur pake voltmeter jika pada saat off getar, tegangan juga nol. Untuk yang penunda waktu, ia bisa bekerja kalo yang pertama sukses.

jordy sitompul mengatakan...

bagus,simple,tidak membingungkan,terima kasih boss,akan saya coba.

jordy sitompul mengatakan...

bagus sekali,sangat detail dan mudah dipelajari,akan saya coba,terima kasih boss

gracia imanuel mengatakan...

Salam kenal bt saudara Lukman Arif.
Saya berasal dr kalimantan mau tanya, bisakah dibuat sebagai media/objek yg diremot dng ukuran kecil kira2... 2x2 cm lebarnya..
Jika bisa mohon call me di nope 082250286817 saya jamin akan mendapat imbalan yg menjanjikan
Tq..

rifal mengatakan...

maaf numpang tanya mas..
jam digital kan byasanya ada alarmnya,, tegangan yg masuk ke speakernya bisa diperbesar untuk menyalakan relay g mas,,, trimakasih

beny suwiknyo mengatakan...

Saya sudah berhasil Mas, Terimakasih banyak atas ilmunya.
saya pasang di motor honda beat 2012 injeksion saya.
setelah saya uji, motor menyala selama kira2 10 detik setelah itu mati. untuk mengatasi masalah tersebut, saya tambahkan saklar on off pada kabel arus DC rem (karena sistem pada motor matic harus di rem dahulu lalu stater), saklar tsb berfungsi untuk mengalirkan arus DC ke rangkaian agar motor bisa menyala terus dan bisa dipakai jalan jauh. dan untuk mematikan motor, saya kembalikan lagi saklar pada posisi off.
saya sangat bersyukur dan bangga pada eksperimen ini, Berkat ilmu dari mas Lukman, saya bisa mengembangkan hobby saya ini. Terimakasih Banyak mas Lukman, smoga sehat slalu dan banyak Rejeki, terus maju dan kembangkan ilmunya dan yg penting tetep berbagi. Tuhan Memberkati. :)

Poskan Komentar