02 Juni 2010

Trik Mengakali Daya PLN yang Terbatas


Instalasi Relay Listrik PLN 'MOROKUAT'
 
Seiring dengan kemajuan finansial, kita sering diberikan pilihan untuk membeli bermacam-macam peralatan listrik berdaya besar seperti kulkas, magiccom, mesin air, AC, yang mana penggunaan alat-alat tersebut hanya beberapa saat saja. Dengan daya terbatas, misal 450 VA, yang diinstalasikan pada rumah, kita bisa menyalakan alat-alat listrik tersebut dengan syarat tidak boleh bersamaan. Jadi kita bisa mengatur secara manual alat listrik apa yang harus hidup dan mana yang sementara harus mati. Dengan demikian, jika mesin air 200 W dan Rice Cooker 350 W menyala bersamaan, tentu listrik rumah RSS kita, rumah saya juga, akan jeglek karena kelebihan beban.

Yang menjadi permasalahan, bagaimana jika salah satu dari alat-alat listrik tersebut bekerja secara otomatis? Tentu saja kita akan kerepotan menyalakan otomatnya, bukan? Saya memiliki cara halal untuk dapat menyalakan alat-alat listrik tersebut tanpa harus menaikkan rating daya rumah kita, tanpa menambah rating daya yang berkonsekuensi nambah biaya. Rangkaian ini berbeda dengan teknis 'penguatan' dengan menggunakan sofstart atau resistor beban seri yang walaupun kuat, akan berakibat turunnya kinerja alat listrik yang bersangkutan, misalnya lampu akan lebih redup, putaran motor lebih lemah, dan sebagainya.


Baiklah, kita hanya memerlukan relay 220V dan 4 buah dioda tegangan tinggi (kalau tidak mau beli bisa kita ambil dioda bekas lampu TL yang sudah rusak). Penggunaan relay dalam hal ini adalah menkondisikan secara otomatis sehingga alat-alat listrik berdaya besar tersebut menyala bergantian.

Cara Merangkai:
Sebelum merangkai kita harus tahu beberapa hal berikut:
1. Relay mempunyai sekunder berupa kontaktor NO (Normally Open) dan NC (Normally Closed);
2. Pada alat listrik berdaya besar (pemanas atau pendingin) biasanya terdapat kontaktor bernama BIMETAL, yang mana ia bekerja berdasarkan suhu. Dengan demikian perlu diingat bahwa alat listrik yang selamanya tersambung pada listrik, karena aksi Bimetal, BELUM TENTU mengkonsumsi daya listrik.
3. Pada alat listrik berupa mesin air, otomatis harus dipasang pada tandon. Jadi kita harus memiliki tandon jika ingin memanfaatkan relay.
4. Urutkanlah secara prioritas kebutuahn alat listrik dalam rumah tangga yang akan kita rancang, misal seperti yang akan kita rancang berikut:
a) Magic Com,
b) Pompa Air,
c) Kulkas,
d) AC atau alat listrik lain.

Catatan:
Barangkali di antara kita sering menolerir menggunakan semacam softstart untuk menghindari jegleknya MCB. Secara praktis, ia bertugas untuk mengurangi tegangan terminal peralatan listrik, yang mana hal ini tentu saja akan sedikit banyak mengurangi kinerja optimal dari peralatan listrik tersebut apalagi bahan yang dipakai sorfstart tersebut berupa resistor murni, yang mana ini juga akan menyebabkan tebuangnya daya berupa panas P sebesar I x I x R.
Namun demikian, mengingat penggunaan softstart ini kadang bersifat darurat, hal ini harus dilakukan. Saran saya terkait softstart ini, sebisa mungkin menggunakan jenis softstart menggunakan induktor/lilitan, bukan resistor murni, dengan harapan induktor ini hanya akan membuang tegangan tanpa meninggalkan rugi panas yang signfikan.