17 Agustus 2016

Pintu-Gerbang Otomatis Universal 2022


        


         Postingan kali ini ditujukan untuk para peminat Autogate Arduino 2in1 yang selalu dilakukan update (terakhir bulan Februari 2022), dengan harapan akan mempermudah cara instalasi berikut manual penggunaannya sehari-hari.  Adapun update terbaru yang kami keluarkan adalah controller pintu-gerbang menggunakan semua jenis motor DC gearbox, antara lain motor power window, motor wiper, atau motor autogate bekas. Untuk lebih jelasnya silakan lihat videonya di channel saya sebagai berikut:


Fungsi Remote Control  
1.     Tombol A berfungsi untuk Menutup Pintu-Gerbang.
2. Tombol B berfungsi untuk Membuka Pintu-Gerbang.
3. Tombol C berfungsi untuk Buka-Tutup Pintu-Gerbang secara otomatis )*
4. Tombol D berfungsi untuk Menghentikan gerakan motor.


    Keterangan )*:
Pada saat Tombol C ditekan, maka Morobuka 2in1 berada pada Mode Otomatis yang akan selalu mengkondisikan gerbang selalu tertutup penuh. Ia akan membuka dengan sendirinya hanya ketika sensor luar dan/atau dalam mendeteksi sesorang (akan lewat gerbang). Jika terdeteksi adanya sesuatu/seseorang dalam jangkauan sensor luar/dalam maka pintu-gerbang akan membuka penuh beberapa saat dan kemudian menutup kembali.


  
 Remote Control Gantungan Kunci
(Pemancar Offline)


 Perangkat Aplikasi Smart Home
(Pemancar Online)



          Mekanis controller arduino pintu-gerbang otomatis ini dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahan yang mudah didapat di pasaran. Namun demikian dipersilakan bagi Anda untuk melakukan improvisasi sendiri, termasuk jika menginginkan membeli versi pabrikan, karena sebuah controller jenis apapun dapan menggunakan mekanis jenis apapun.

   Penggunaan Motor DC 12V (Release Tahun 2022)
          Hampir semua motor DC gearbox dapat digunakan sebagai mekanis pintu-gerbang otomatis ini dan dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahan yang mudah didapat di pasaran. 






              Mekanis controller arduino pintu-gerbang otomatis ini dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahan yang mudah didapat di pasaran. Hampir semua jenis motor DC (2 terminal) dapat digunakan untuk keperluan ini, tidak seperti motor AC yang mungkin sedikit ribet. Adapun controller pintu otomatis / autogate yang kami produksi terlihat seperti gambar sebagai berikut:

 






    Penggunaan Motor Induksi AC 220V





    Pada intinya di pasaran hanya terdapat 2 jenis motor AC 1 fasa agar bisa berputar bolak-balik) berdasarkan jumlah kabel terminal, yaitu:

     A) Tipe 3 kabel
           Tipe ini sangat mudah membalik putaran, karena hanya menukar salah satu terminal yang terhubung ke kapasitor.






   
    B) Tipe 4 kabel
                 Tipe ini terdiri dari 2 pasang kabel terminal yang harus dihubungkan ke jala-jala PLN 220V. Ketika akan membalik putaran, SEPASANG kabel harus dibalik posisi terhubungnya ke jala-jala PLN. Terkadang ini kelihatan ruwet dilihat dari gambar wiring pada badan motor, padahal sebenarnya mudah, hehe.






  •     Untuk sambungan ke motor, hubungkan 2 pasang terminal motor AC, yaitu pasangan U1 dan U2 untuk belitan utama, dan pasangan V2 dan W1 untuk belitan bantu (saya tidak tahu kok namanya V2 dan W1). Kedua pasangan ini prinsipnya sama-sama dihubungkan ke jala2 PLN 220V, cuman untuk pasangan V2 dan W1 pemasangannya harus dibalik agar putaran juga terbalik.
  •     Tidak perlu bingung, pasangan terminal U1 dan U2 bisa terbalik pemasangannya, demikian pula dengan pasangan terminal V2 dan W1, yang penting sepasang-sepasang. Kalau toh pada aplikasi ke gerbang nanti putaran terbalik, tinggal balik salah satunya.
      C) Perbedaan 3 dan 4 kabel 
  •     Penggunaan motor AC 220V 3 kabel dapat dimodifikasi sendiri ke 4 kabel atau sebaliknya dengan mengubah sambungan pada kontaktor relay. Jangan lupa, relay 1 berfungsi sebagai saklar on/off dengan arah putaran tertentu, sedangkan relay 2 berfungsi untuk membalik arah putaran.  

           

      Pencetan remote yang ngawur dan bolak-balik cepat
  •     Didesain tidak akan merusak controller dan/atau motor AC karena ia telah dilengkapi fitur delay sebagai pengaman kelembaman putaran motor terbalik, yang berpotensi menimbulkan lonjakan arus transien jangkar motor (reaksi jangkar). 
  •      Tidak menimbulkan efek "akumulasi delay" yang dapat menghambat kinerja gerbang otomatis.

     Sensor Batas Buka/Tutup Penuh
Sensor proximity ini terdiri dari sebuah LED yang bertugas untuk memancarkan cahaya inframerah dan sebuah photosensor yang bertugas menerima pantulan cahya dari LED tadi. Dengan demikian seharusnya hanya cahaya dari LED yang diterima oleh photosensor. Namun demikian, mengingat cahaya matahari waktu siang juga memancarkan cahaya inframerah, ternyata ia dapat juga mendistorsi photosensor  sehingga ia akan aktif tanpa harus ada pantulan cahaya dari LED (error). Untuk menghindari ini saya melindungi kedua LED dengan isolasi hitam dan pada saat penempatan ke pintu gerbang sangat direkomendasikan menghadap ke bawah (untuk menghindari sinar matahari). Posisikan halangan sedekat mungkin dengan LED pemancar agar sensor bekerja maksimal. Jangan lupa, sensor jenis ini dapat diganti reed switch atau sensor proximity jenis lain.


      
     Pada versi pabrikan, sensor batas ini ada yang menggunakan pasangan reed switch dan magnet besar sebagai berikut:


  • Cara Instalasi Sensor Batas Buka/Tutup Penuh pada Gerbang







Contoh Penggunaan Sensor Jenis Lain (Alternatif)



  




Fleksibilitas Instalasi
Jangan lupa, controller Morobuka 2in1 ini TIDAK terbatas sebagai penggerak pintu/gerbang sliding, ia juga dapat digunakan sebagai kontroller mekanis yang digerakkan motor gearbox (closed loop). Ketika Anda berpikir sebuah sistem mekanis kapan harus bergerak, kapan harus kembali, dan kapan harus berhenti dan apakah hal tersebut aman bagi motor, silakan pertimbangkan menggunakan controller universal ini, antara lain:
  1. Pintu/jendela portal atau swing (kupu), 
  2. pengerek tiang sangkar burung, 
  3. pengerek jemuran maupun mekanis kanopi yang bisa nutup sendiri saat hujan.
  4. penggunaan mekanis dengan motor DC (arus max 40A), 
  5. penggunaan mekanis autogate bekas/pabrikan dan lain-lain.
Mohon konfirmasi penggunaannya terlebih dahulu kepada kami agar hasilnya optimal, karena bisa jadi codingnya akan sedikit berbeda.

Untuk  informasi lebih jelas, silakan hubungi kami untuk pembelian atau hanya sekedar bertanya saja lewat WA087757899640.


Possibbly Asked Question (PAQ)
1.   Berapa daya maksimal Morobuka 2in1 mengendalikan motor AC?
    Dengan relay yang ada, Morobuka 2in1 dapat dipakai pada beban motor sampai 1100 watt. Apabila dihendaki daya motor induksi yang lebih dari itu, bisa mengganti relay default.

2. Mengapa Morobuka 2in1 lebih memilih motor AC sebagai penggerak?
    Karena motor AC lebih mudah diperoleh di pasaran dengan harga relatif murah dengan model dan daya yang bervariasi, sehingga cocok untuk model rumah/pagar yang pastinya juga bervariasi.

3. Saya hanya ingin buka tutup pagar pakai remote tanpa otomatis-otomatisan, bisakah Morobuka 2in1 melakukannya?
    Bisa, Anda tinggal melepas sensor luar dan dalam (versi ultimate).

4. Bisakah controller Morobuka 2in1 digunakan untuk mekanis autogate tipe swing? 

    Tentu Bisa. Penggunaan tipe geser atau swing adalah hanya masalah pilihan mekanis (penggerak).  Penempatan sensor tetap bisa dilakukan sebagaimana biasa. Bahkan kontroller motor induksi ini bisa lebih luas digunakan misalnya untuk mobil-mobilan, lifter barang berat, dan lain-lain.

5. Bisakah Morobuka 2in1 versi Android dikendalikan secara IoT (melalui internet)? 

  Bisa dong, saat ini kami menafaatkan cloud universal dari Sonoff dengan respon yang relatif cepat. Silakan buat akun sendiri menggunakan aplikasi EWeLink. 

6. Apakah kelebihan utama driver Morobuka 2in1 dibanding merk/DIY lainnya?


   Terdapat 2 kelebihan utama, yang pertama ia mempunyai tambahan tombol untuk fungsi kerja otomatis (Mode Auto), dan yang kedua ia secara cerdas mengkondisikan delay sedemikian hingga tidak pernah terdapat pembalikan putaran motor secara langsung, yang sangat berguna untuk membuat kontaktor relay lebih awet  dan  tidak menimbulkan efek kejut pada jaringan jala-jala PLN di rumah dan/atau motor.
  
 7. Apakah perbedaan cara kerja controller Morobuka 2in1 tipe remote dan android?
     Perbedaan utama adalah:
     a) Tipe remote langsung bisa dipake kapan saja (instan) sedangkan tipe android harus mengaktifkan dulu  hotspot dan menunggu koneksi otomatis sekitar 5 detik, namun ini hanya pertama kali saja, untuk selanjutnya koneksi instan seperti halnya remote biasa.
     b) Tipe android mempunyai jangkauan wifi lokal yang relatif lebih jauh dari tipe remote control, sedangkan wifi online dapat menjangkau seluruh dunia.
      c) Tipe android bisa copy aplikasi sebanyak-banyaknya pada perangkat HP Android lainnya secara gratis, sedangkan tipe remote control harus membeli remote cloningnya (tidak gratis)

8. Apakah motor yang direkomendasikan sebagai penggerak pagar/pintu dengan controller Morobuka 2in1?

   Pada prinsipnya semua motor induksi (AC) dan gearbox-nya bisa digunakan sebagai penggerak. Namun, akhir-akhir ini terdapat jenis motor induksi "sinkron" menggunakan magnet tetap 60 watt 20rpm yang barangkali bisa digunakan untuk pagar rumahan. Silakan membeli sendiri https://s.lazada.co.id/s.0xbmm



     Autogate controller, pintu gerbang otomatis, diy gate opener, arduino autogate, pintu gerbang remote control, sensor autogate, how autogate diy work, cara kerja pintu gerbang otomatis menggunakan arduino, mekanis pintu rumah, buka tutup pintu otomatis