10 Januari 2019

Membuat Sendiri Saklar Bluetooth HP Android dengan Arduino-App Inventor



Pada postingan kali ini saya akan sharing cara membuat saklar lampu 8 channel yang digabungkan dengan 1 channel sensor menggunakan komunikasi serial 2 arah bluetooth Arduino-APK. Dengan menggunakan perangkat ini, praktis melalui Smartphone kita dapat mengontrol baik untuk penyalaan lampu dll (on/off) maupun menerima informasi digital (high/low) dari suatu sensor. 
Perlu diinformasikan jika postingan ini diperuntukkan bagi yang sudah mengetahui dasar-dasar pemrograman baik arduino maupun App Inventor, karena saya tidak dapat menjelaskan terlalu dalam.
Untuk desain untuk koneksi pada saklar bluetooth ini, saya lebih suka menggunakan sambungan otomatis langsung ke alamat bluetooth (bluetooth address), karena saya nilai lebih praktis dan tidak merepotkan saat koneksi. Untuk keperluan ini saya menggunakan aplikasi tambahan dari google play dengan nama Bluetooth Address Finder APK untuk mengetahui 12 angkanya (misal 20:16:06:12:05:43).

Oke untuk lebih cepatnya, saya akan memaparkan secara praktis pembuatannya.
Bahan yang diperlukan:
1. Arduino
Kita dapat menggunakan segala macam arduino (uno, nano, promini, dll). 
Program yang dimasukkan:
 2. Pemrograman melalui APP Inventor
a) Tampilan desktop
b) Block Kode


 Hasilnya kurang lebih dapat dilihat pada file APK berikut:
https://drive.google.com/open?id=1rdPRoJKuLEXRwDl0pS_kPHrkuhz_AlHq

Model Lain