15 April 2013

Feeder Ikan Otomatis MoroGEDE





MoroGEDE AUTOFEEDER (Ultimate Version 2018)

Menyempurnakan desain TIMER feeder ikan otomatis versi galon sebelumnya,  kali ini MoroGEDE hadir dalam versi mikrokontroler murah meriah dengan beberapa kelebihan antara lain:

    1.     Di-packing dalam sebuah casing yang relatif kecil, praktis, user friendly, dan tidak ribet.
    2.    Telah dilengkapi sebuah knob kuantitas yang berfungsi untuk mengatur takaran pelet keluar. Jadi, untuk versi ini, pengaturan jumlah pakan keluar tidak lagi menggunakan kapasitor sebagaimana versi sebelumnya.
    3.    Desain progress indikator menggunakan  buzzer dan LED,  sehingga  interface timer dapat diketahui baik secara visual maupun pendengaran.
    4.    Bobot jauh lebih ringan, diupayakan total pengiriman paket tidak lebih dari 1 kg, sehingga diharapkan dapat menghemat ongkos kirim, 
    5.    Galon untuk pelet bisa dimodifikasi ke wadah yang lebih besar, misalnya tong aspal atau tandon air agar lebih tahan lama. Tidak perlu ragu dengan kekuatan motor komutator 120 watt untuk mengeluarkan pelet.
     6.     Bisa untuk motor DC (masih menunggu uji coba), sehingga bisa dioperasikan menggunakan batere atau aki.
Untuk lebih jelasnya, alat pemberi makan ikan otomatis MoroGEDE ini mempunyai spesifikasi manual sebagai berikut:
1.  Pengaturan interval feeding menggunakan sebuah knob dengan pilihan 2,  4,  6,  9, dan 12 jam. Untuk setiap interval jam  yang dipilih, secara otomatis timer akan mengeluarkan bunyi 'tit' yang jumlahnya sesuai angka jam terkait, misalnya untuk interval 6 jam, bunyi 'tit' saat timer dinyalakan akan terdengar sebanyak 6 kali, kalau 9 jam 9 'tit' dan seterusnya. Ini digunakan untuk mengkonfirmasi jika pilihan interval jam yang kita pilih sudah benar.
    Catatan: Posisi paling kiri knob ini digunakan test feeding sebagai media pengujian seberapa banyak pelet yang dikeluarkan MoroGEDE (untuk setiap intervalnya.)
2.  Pengaturan kuantitas (jumlah) pelet sekali keluar dapat dengan mudah dilakukan dengan hanya memutar knob kuantitas, yang terdiri dari 6 macam  jeda putar motor, yaitu 3, 4.5, 6, 7.5, 9, dan 12 detik sesuai dengan tampilan angka pada casing). 
3.  Mekanis motor feeder lebih fleksibel dalam penggunaan berbagai ukuran pelet, bahkan untuk konsentrat/fur/jagung  untuk pakan ternak unggas. Jadi kalau bosan pelihara ikan bisa dipakai untuk pelihara ayam/burung, dll, hahaha. Seutas kawat yang dililitkan dapat digunakan untuk memperkecil celah keluar pelet, sehingga penggunaan pelet 1mm masih dimungkinkan untuk mekanis bekerja dengan baik.
4.  Motor menggunakan jenis komutator kuat untuk memastikan alat tidak macet saat operasi. Pemeliharaan yang perlu dilakukan hanyalah memberikan pelumas minyak mesin jahit dan sebisa mungkin menghindari kelembaban/air. Sebaiknya terus digunakan (tidak nganggur) agar sistem pelumas internal tetap jalan.
5.  Dirancang aman terhadap gangguan yang disebabkan oleh gangguan transmisi listrik PLN yang sering nyala dan padam. Timer akan mulai dari awal saat terjadi pemadaman. 
6.  Mesin sentrifugal dapat dipisah dari wadah pakan untuk melakukan refill pakan atau memudahkan maintenance (kalau perlu).
7.  Penambahan alat lain dapat dilakukan, antara lain:
    a) memasang blower/kipas atau baling-baling sentrifugal dengan tujuan dapat menghempaskan pelet sejauh mungkin,
      b) memasang  timer agar feeder hanya beroperasi pada siang/malam.
      c) membuat cucuran pelet terdistribusi (posisi agak tinggi) agar pelet menyebar lebih merata pada kolam/tambak.
8. Specification
     Timer Model: ATmega 328 ultimate
     Motor: 100-120W AC Commutator
 
    Foto dan Video Tambahan
    •  MoroGEDE Ultimate Version 2018
     



    Cara setting pemberian pelet
     

    Pengujian takaran pelet keluar pada setiap interval
    (posisikan knob timer pada arah Test)

    • Pemasangan Tutup Pelet dan Selubung Anti Hujan





    • Alternatif Galon



    • Test Pelet 2mm


    • Test Pelet 5mm



    CARA PEMESANAN
    Untuk desain baru MOROGEDE,  saya mematok harga hanya Rp. 399.000,00 untuk untuk versi ultimate (lain ongkos kirim dan packing). Walaupun sebenarnya saya lebih suka pembeli datang sendiri ke rumah sehingga lebih puas melihat alatnya secara langsung,  namun  juga tidak dilarang untuk melakukan pemesanan secara online lewat JNE sebagai berikut:
    1.  Konfirmasikan pemesanan lewat WA (bukan SMS) ke nomor kami di 087757899640. 
    2. Transfer uang sejumlah Rp. 399.000,00 + ongkirnya ke a.n. Lukman Arif Wijaya dengan No. Rek. BRI  0021-01-005801-53-8. 


    TAG
    mesin pakan ayam otomatis
    alat pakan ayam otomatis murah
    alat pakan burung otomatis