Membuat Sendiri Charger HP USB Portabel Universal

Saat ini banyak beredar ponsel berbagai merk dengan charger menggunakan port USB (tegangan 5V), seperti halnya colokan USB yang ada pada computer, dimana memungkinkan ponsel tersebut di,charge lewat port USB tersebut. Hal ini merupakan suatu kemajuan yang memberi kemudahan mengingat pengisian batere ponsel tidak dibatasi hanya menggunakan charger khusus sertaan ponsel yang bersangkutan sebagaimana sebelumnya. Dengan memiliki charger portable, sementara kita tidak akan tergantung pada listrik PLN sebagai sumber utama listrik penyuplai daya batere ponsel kita sehingga bisa kita bawa untuk rekreasi, perjalanan jauh, atau ke pelosok desa yang mana listrik PLN tidak tersedia.
Terdapat beberapa jenis bateray portable yang dapat kita gunakan sebagai catu daya, seperti bateray Asam Timbal (Lead Acid), bateray Ni-MH disusun seri, Accu, bateray biasa disusun seri, dan sebagainya. Sedangkan berdasarkan kelompok tegangan catu daya meliputi rangkaian 6V dan 12V.
1.      Charger USB dengan Catu Daya 6V
Pertama kali perencanaan, sebenarnya saya tertarik menggunakan IC Regulator 7805 untuk menghasilkan tegangan stabil 5V, namun mengingat datasheet IC ini membutuhkan minimal 7V agar beroperasi optimal, sedangkan batere yang digunakan efektif 6V, maka ini urung dilakukan.
Setelah mencari-cari cara, akhirnya aku teringat akan rangkaian emitor follower dengan menggunakan dioda zener. Maksud utama penggunaan tegangan 6V adalah mengurangi loss daya seminimal mungkin mengingat yang dibutuhkan cuma tegangan output 5V.

Rangkaiannya sebagai berikut:

Gambar 1
Cerita kerja rangkaiannya adalah:
Tegangan Dioda Zener (5,6V) yang sudah stabil diumpankan  ke basis transistor D313 (ato yang lain terserah) untuk kemudian arusnya diperkuat pada kaki emitornya dengan selisih tegangan V(be) selalu 0,6V sehingga tegangan emitor ke ground menjadi (5,6 - 0,6)V = 5V, sesuai dengan V(out) yang diharapkan.
Jika tegangan output 5V tadi dihubungkan ke ponsel sebagai suatu proses charging, akan terjadi transfer energi dari catu daya ke batere ponsel yang mengakibatkan tegangan catu lambat laun akan menurun.
Nah, jika penurunan tegangan terus berlanjut sampai kisaran 5,6V, Zener akan cut-off yang menyebabkan transistor menjadi jenuh (Vce » 0V). Disinilah fungsi jatuh tegangan 0,6V dioda silicon (pakai aja IN4002) diperlukan agar tegangan output (Ve) tidak melonjak ke 5,6V akibat cut-offnya zener tersebut. Sehingga ponsel tetap aman.

2.      Charger USB dengan Catu Daya 7-15V
Opsi penggunaan kisaran tegangan ini sangat baik jika menggunakan IC regulator 7805 (tegangan output 5V). Rangkaian ini bisa Anda instalasikan pada catu daya accu mobil/sepeda motor yang bisa dipakai setiap saat. Pada prakteknya rangkaian inilah yang paling baik digunakan untuk bermacam-macam sumber daya, namun penggunaan akan kurang praktis jika menggunakan batere/accu secara terpisah karena:
(a)    terjadi kerugian daya menjadi panas yang terlalu besar akibat disipasi mengingat yang diperlukan cuma tegangan 5V dan
(b)   ukuran batere yang relative 2 kali lebih besar daripada penggunaan yang 6V untuk AH yang sama.
(c)    Untuk batere Ni-MH 9V tidak direkomendasikan mengingat kecilnya kapasitas.

Gambar 2
Selain kedua cara di atas, sebenarnya saya juga mencoba membuat sebuah USB charger hanya menggunakan 4 buah batere Ni-MH. Namun ini tidak direkomendasikan untuk Anda buat jika Anda tidak melakukan pengukuran realtime.
Dengan berbekal pengukuran tegangan output kondisi penuh, yaitu Vmaks = 5,75 V, maka saya mengakali kelebihan 0,75V dengan menyambung seri sebuah dioda (V(ak) = 0,7V), sehingga tegangan outputnya menjadi (5,75-0,7)=5,05V.


Setelah terjadi proses pengisian ponsel, tegangan catu tentu saja akan menurun menyebabkan charger tidak mampu lagi untuk mengisi batere ponsel. Pada kondisi inilah diperlukan kondisi dioda dihubung singkat dengan menyalakan saklar sehingga tegangan jatuh 0,7 V dapat ditiadakan.
Jadi ada dua periode charging:
    1. Saklar off         : charging ponsel saat catu penuh
    2. Saklar on          : charging ponsel saat catu hampir habis
Semoga bermanfaaat, BTW kalau ada pertanyaan/komentar tolong ditulis di http://lukmannet.blogspot.com/2012/05/membuat-sendiri-regulator-arus-searah.html karena halaman ini sudah kebanyakan komentar, trims.

    Referensi




    205 comments:

    «Paling tua   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 205   Lebih baru›   Terbaru»
    Wati mengatakan...

    ide bagus nih, ikut mencoba membuat charger hp usbnya...

    Anonim mengatakan...

    Bagus.,. Pram ingin pintar seperti mas Wid Tolong Dong Saya Dipelajari Ilmunya From:Pram BTN Kebonsari Indah.

    aoshi muda mengatakan...

    kalau yang untuk satu batrei AA gmana cara buatnya bos

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Kalau 1 bateray harus pake voltage doubler bos, lebih rumit. Apalagi hape sekarang dayanya besar-besar. Menggunakan 1 bateray bukan opsi yang baik.

    Anonim mengatakan...

    pertanyaan saya mas.

    kalo saya pakai accu kering seperti gambar diatas, saat accu kering itu kehabisan catu daya gimana caara charge nya ?hehe
    maklum,pengen belajar2 mas,hehe

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Accu kering yg paling tidak rewel adalah jenis Asam Timbal (Lead Acid). Agan tinggal colokkan dengan adaptor dan upayakan arus masuk cuma 1/10 dari AH bateray dengan menggunakan resistor biasa. Kelebihan jam tidak akan merusak bateray, tenang aja...
    Kalau bateray Ni-Cad/Ni-MH bisa dengan cara yang sama, namun jamnya disesuaikan dan jangan kelebihan, ntar rusak lho! Tapi kalau bateray ini biasanya udah dilengkapi charger kan?

    Anonim mengatakan...

    oiya mas, saya berencana buat kayak gitu.
    saaya ada batre bekas laptop 2 buah, perbuah itu 3,7 volt,enaknya diapain ya mas?maksudnya pake skema yg mana?
    saya udah nyoba pake LM7805 tapi hasilnya kurang memuaskan, karna kalo kondisi batre ndak bener2 ful dia ndak mau charging ponsel mas, indikator ponsel sih jalan charging tapi level batre ndak naik naik.
    mohon pencerahanya mas
    spesifikasi batrenya (ada 2 buah)
    3,7 V
    CGR 18650CG
    Li-ion 2200mAh

    trus nanti kalo abis chargenya gimana mas?hehe
    maaf gan ane nubi kalo masalah elektro gini :ngakak

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Mungkin baterenya udah drop. coba pake yg emitor follower aja. Hati2 kl kelebihan bisa meledak lho! Resiko, mending lead acid aja gan, lbh portabel.

    Anonim mengatakan...

    bahan2 nya apa gan untuk membuat dengan emitor follower?
    bisa ndak arus keluarnya jadi 5 volt 2 ampere?

    juhadi mengatakan...

    Mau tanya bagusan mana pakai pengisian cepat atau lambat. Kl pakai pengisian cepat ada beresiko

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    @Anonim: Emitor Follower seperti pada gambar 1 di atas. Kalau pingin arus besar, cari transitor yang sesuai (bisa lihat di datasheet). Usahakan cari yang penguatannya (Hfe) besar dan Ic max juga besar.
    @Juhadi: Sebagian besar bateray sekunder (cas-casan), biasanya merekomendasikan pengisian 1/10 dari kapasitas, misalnya dengan 10 AH SEYOGYANYA diisi dengan 0,1 X 10AH = 1A. Jika terlalu besar biasanya berakibat pada usia pakai bateray yang lebih pendek.

    Anonim mengatakan...

    Mas LUKMAN ARIS WIJAYA,apakah saya boleh minta nomer bapak?trimakasih sebelomnya,ini contact saya,089656201973 makasih pa.hehe

    Anonim mengatakan...

    saya sudah membuat charger galaxy
    9volt baterai + ic regulator 7805 bisa sih untuk charge tapi saya cek multitester beberapa menit kemudian daya baterai drop bukan 9v menjadi 8 atau 7 volt, tapi yg disambung 7805 tetap 4,5-5volt jadi saya mengatasinya dengan menyediakan 2 buah baterai, setelah 15 menit saya tukar antar baterai begitu seterusnya, btw saya tidak mengerti mengapa bisa seperti itu, apa kualitas baterai atau gmn ya, baterai yg digunakan eveready, panasonic

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Bukan kualitas namun kapasitas batere yang kecil sehingga cepat habis, makanya ane gak rekomendasikan batere 9V dengan AH yang kecil. Semakin besar AH (kapasitas) batere, semakin sip buat ngecas galaxy agan. (Gak cepat habis)

    Anonim mengatakan...

    owh ya kelupaan satu lagi mas lukman

    dulu pernah ngerakit juga
    1. senter remas / yang dipompa gitu harga 10rb
    2. disambung ke baterai 9volt rechargeable
    3. dioda bridge
    4. ic 4002, sama berapa lupa buat mencegah arus dari baterai hp tidak balik ke baterai 9volt

    pernah dibuat ane liat majalah caranya, tapi gagal karena senter remas yang ane pakai gak mengecas ke baterai 9voltnya, mungkin senter remasnya kurang bagus atau gimana, kebetulan sekarang ada senter baru lagi

    bisa tidak ya dirangkai, baterai 9volt 2000 mAH + 7805 + senter remas, tapi ane jg belum tahu daya yang dihasilkan dari senter remas untuk mencharge baterai 9voltnya, apa harus diremas terus menerus

    terimakasih, salam kenal
    satya

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    - Betul, cari yang kapasitas besar aja
    - Batere disusun seri hanya menjumlah tegangan dan TIDAK MENAMBAH AH (kapasitas)
    - Gpp bagus, sy sendiri awalnya juga hoby ngerusak daleman barang elektronik kok.
    - Kalau senter remas tegangan GGl-nya terlalu kecil untuk dapat mencharge batere 1200 mAH/3,6V. Dia hanya ditujukan untuk menyalakan LED arus kecil. Mending pake sel surya disusun seri agar tegangan nambah, gak capek atau alternatif pembangkit lain.
    - YUp, salam kenal Mas Satya.

    Anonim mengatakan...

    - Betul, cari yang kapasitas besar aja

    = berarti solusinya baterai rechargeable yg AH besar

    - Kalau senter remas tegangan GGl-nya terlalu kecil untuk dapat mencharge batere 1200 mAH/3,6V. Dia hanya ditujukan untuk menyalakan LED arus kecil.

    = wah berarti majalah yang ane baca salah, tidak menginfokan hal tersebut

    - Mending pake sel surya disusun seri agar tegangan nambah, gak capek atau alternatif pembangkit lain.

    = klo sel surya belum pernah, yg kayak tanaman gerak itu, tapi ukuran besar, hmm ditoko komponen elektronik ada ya. daya yang dihasilkan bisa mengisi berapa itu mas, itu ada ukurannya berarti ya? semakin lebar/panjang panel suryanya bisa semakin besar daya yang dihasilkan?

    - YUp, salam kenal Mas Satya.
    = ya terimakasih Mas Lukman

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    @Kl terpaksa emang jauuh dr PLN, cb alternatif pake dinamo spd engkol. Diberi penyearah/dioda dan langsung ke batere Asam Timbal, arus masuk dikira2 0.1 - 0.5 kali AH batere.

    MasWahyu mengatakan...

    kLo mmenghidupkan Hp menggunakan charger bawaannya gmn caray???
    Hp type baterai BP-4L,,

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    BL kapasitas AH-nya kecil loh. Kl mau coba gpp.
    Jd 2 BL yg masing2 nya 3,7 V dihubung seri 2x menjadi 7.4V. Setelah itu silakan pake pengikut emitor ato 7805. Jgn lupa pake heat sink.

    Anonim mengatakan...

    mas mohon bantuannya
    q mau pakai aki motor buat ngidupin mobil RC.
    arus yang dibutuhkan 4 x batre jadi 6v,,, jadi harus di konvert dulu dari 12 v ke 6v,,, tapi pemakaiannya nonstop,, selama 12 jam,,,soalnya q mau buat pengaman gitu mas.
    tolong kalo mas punya rangkaiannya q di kirimi ke hiro_nakamura68@yahoo.co.id

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Yang Mas Nakamura butuhkan cuma pembatas arus, nih tak kasih linknya http://www.physics.unlv.edu/~bill/PHYS483/current_lim.pdf
    Catatan:
    - Terminal R2 langsung ke +VCC 12V Accu
    - R1 merupakan penentu besar arus yang akan dibatasi
    Cara ngitungnya:
    R1 = 0,7/(0,1 x AH batere)--> Misal batere 2000 mAH.
    R1 = 0,7/0,2 = 3,5 Ω ≈ 3,3 Ω
    Dengan kata lain, jika arus akan melampaui 0,2 A, Q2 menjadi aktif dan akan ‘membunuh’ koneksi Q1 sehingga gak akan berani Q2 mengalirkan arus lebih dari 0,2 A, bahkan saat terminal dihubung singkat. He he…
    - Q1: transistor daya besar (pakai heat sink) mis. D313 dan Q2: transistor daya kecil mis. D400
    - Bisa buat ngisi 1 sampai kira-kira 8 batere Ni-Cd/MH seri SELAMA 10 jam
    - Sebaiknya dites dulu arus keluarnya sebelum pakai, karena masing2 komponen punya perbedaan karakter walaupun kecil.

    Anonim mengatakan...

    makasih mas
    mantepppp bgt
    sukses sll mass

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Ok mas, sm2 sukses.
    Btw, kalau bisa R1 sebagai R perasa, kasih yang watt-nya agak besar biar gak kepanasan.

    Anonim mengatakan...

    lebih mantap kl ad videonya mas cara bikin cargernya....jd orang lebih gampang cernahnya....hehehehe pengen bgt bikin tp ga tau elektrik

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Ntar berat loadingnya mas, he he.
    Kan tinggal beli komponennya, trus disambung pake solder, kl g bisa mungkin bs tak bantu dikit2.

    ary wisudiawan mengatakan...

    wuih, terima kasih mas lukman atas blognya.. sangat menambah pengetahuan saya..

    fey bocah yang selalu ingin tau mengatakan...

    Ane suka blognya gan.. Keren isiya...

    Teruslah jadi fasilisator n motifator yg baek bang Arif..

    Tetap berkarya n Sukses selalu ama treat yang baru..

    ''Caaiyoooooo.....

    fey bocah yang selalu ingin tau mengatakan...

    gan.. Ane masih blon ngerti elektro neh.. Tu treat yg pertama untuk canger portable 6v jd 5v tuh kalo untuk hp nokia batrey seri bl 5c .. Aman kgak gan??.tu arus besar arus outputnya brp gan?

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    BL apapun amaan.
    Tp jgn lupa, rangkaian di sini khusus untuk HP dgn charger port USB lho ya.
    Stlh tegangan 5V masuk, regulator nokia sendiri yg menentukan besaran arus pas untuk charging BL tadi sekaligus meng-off-kannya saat batere penuh.
    Tp dlm hal batere BL tadi mau dicharge langsung jg bisa, tp seyogyanya tetap mengikuti aturan pengisian 10 jam x 0.1 AH batere, sebagaimana dijelasin sebelumnya, mulai saat batere kosong dan jgn sampai kelebihan. Jadi hrs dibedakan antara charging HP dan batere HP. Oke Fey.

    Anonim mengatakan...

    Mau nanya.
    Kalau charging batery ni-Mh bisa g diset secara otomatis berdasar tegangan penuh? Jd kt tingal menset charger ke suatu tegangan penuh ntar kl tegangan setimbang kan arus mandek sendiri mas. Sy pakai regulator diseri dengan resistor.
    Trims.

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Teorinya bagus. Ngecasnya satu2? Sepanjang agan yakin itu tegangan penuhnya si batere itu gpp. Tp untuk charging batere lain tunggu dulu. Masalahnya, teg penuh Ni-MH mungkin tidak sama 1 dgn yg lain walau cm bbrp milivolt shg ada resiko batere/rangkaian batere underchaged dan overcharged (rusak). Karena itulah barangkali Charger pamungkas sekaliber Sanyo Eneloop pun yg ratusan rb harganya saat ini tidak berani menggunakan indikator tegangan penuh, melainkan HANYA menggunakan timer untuk indikator penuh batere.
    Karena itu jangan senang beli charger murahan berdasar indikator tegangan 'penuh'.
    Mending buat pembatas arus yg pertanyaannya mas nakamura di atas, paling habis cm 5000 perak. CMIIW

    Anonim mengatakan...

    Pak, saya punya 3 pertanyaan:
    1. Saya punya banyak batere ni-cad, bisakah diparalel untuk nambah AH?
    2. Bisakah charger pengikut emitor untuk USB di atas menjadi charger laptop?
    3. Kalau zener panas apa ada yang salah?
    Trims

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Wah, borongan ne, hehe. Tak coba jawab sebisaku ya gan.
    1. Sebaiknya jangan gan, karena batere 1 dan yg lain tidak mungkin sama persis tegangannya. Akibatnya batere dengan tegangan lebih tinggi akan terbebani dengan yang lebih rendah, parahnya kalau perbedaan tegangan terlalu jauh (misalnya karena 1 batere rusak) semuanya bisa aja ikut rusak akibat aliran arus yang terlalu besar (hubung singkat?).
    2. Jawabnya bisa. Pada prinsipnya charger laptop hanya sebuah adaptor biasa. Yang membuatnya agak mahal karena ia dikemas dalam casing kecil dengan regulasi switching. Agan tinggal ubah zenernya sesuai tegangan input laptop. Untuk meningkatkan arus keluaran, karena laptop biasanya butuh ampere yang besar, agan dapat mengganti 1 transistor menjadi 2 transistor NPN pasangan darlington (biar gak bingung pake aja D400 dan 2N3055). Nih contoh gambarnya http://wps.prenhall.com/wps/media/objects/416/426412/21fig3.gif
    Lebih enak lagi klo ngecas menggunakan regulator op amp (variable tegangan) karena di situ ada umpan balik negatif yang menjamin penurunan tegangan akibat beban dikoreksi sehingga tegangan output regulator relatif konstan. Rekomendasi tetap pake darlington (booster transistor) gan. Nih, contoh link-nya http://www9.dw-world.de/rtc/infotheque/semiconamps/fig534.gif
    Jadi timbang beli charger laptop yang mahal, mending buat aja gan, pengalaman. Btw, mengenai trafonya, bisa pake yang 2 A udah cukup.
    3. Zener panas asal tidak melebihi rating dayanya gpp gan. Zener pasaran biasanya punya rating daya 0,25 watt. Jadi daya P = Vz*Iz tidak boleh lebih 0,25W
    Untuk menambah daya, kita dapat melakukan distribusi dengan sambungan seri. Jadi misal kita butuh tegangan output 20,1V, maka beberapa zener yang 0,25 W tadi bisa disusun seri untuk menjumlah tegangan misal 5,6V + 5,6V + 5,6 V + 3,3V.
    Bagaimana dengan sambungan paralel? Secara teori zener yang mempunyai tegangan yang sama dapat diparalel untuk menambah dayanya, pada prakteknya tegangan zener berbeda walaupun beberapa kecil. Nah, karena kurva perubahan tegangan terhadap arus zener sangat lancip, maka dengan perbedaan kecil tadi membuat zener tidak aktif bersamaan, akibatnya jika arus yang mengalir terlalu besar akan segera membakar zener mulai yang mempunyai tegangan paling rendah.

    enggik mengatakan...

    rgkaian yg dg catu daya 6v, resistorx brp ohm kang??
    saya kpngennya arus output 500mA, crae yg dimodif yg mna gan??
    kalo rgkaiannya sperti yg diatas, arus output max brp gn??

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Sori br sempat bls.
    1. R pake 56 ohm aja
    2. 500 mA pake pembatas arus seperti Nakamura Circuit, tapi kalau supplai cuma 6V sy pikir terlalu mepet karena di situ harus ada jatuh tegangan sekitar 1,4V (melewati 2 sambungan basis-emitor).
    3. Rankaian di atas tidak dibatasi arus, jadi tergantung supply ada kapasitas berapa aja bisa keluar sepanjang dalam kemampuan hantar transistor.

    Nb: untuk pertanyaan 2 dan 3, sebenarnya masalah arus sudah diregulasi oleh HP-nya sendiri. Yang dibutuhkan charger HP hanya tegangan input sebesar 5V, kecuali agan rencana buat yang lain.

    masjek mengatakan...

    wah manteb nih, solusi pengguna smartphone yang boros baterai :D

    jadi nyesel dulu pas STM tidak serius :D

    triclaksono mengatakan...

    mas, saya mau tanya jika rangkaian kedua akan saya pasang di sepeda motor, apakah harus menambha resistor buat pembatas arus ? kalo ia berapa ohm dan dipasang disis mana ? (aki basah 12 volt,7.2 Ah/ hp nokia tipe n 81), makasih sebelumnya ya mas

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    GPR alias Gak Pake Resistor mas...

    Anonim mengatakan...

    Salam pak...

    Saya ada Andoroid HTC Evo 3d.. Mau iseng2 buat portable charger dari battery yang bisa di charge ulang AA Sanyo 2500 mah(pure sekitar 2300mah,kondisi asli).dengan voltase 1,2V (standard tiap battery AA).. kira2 enaknya pakai battery AA berapa biji? gmn rangkaiannya (menurut saya kayaknya di seri)... Soal arus charger Bawaan HTC adalah 5V dan 1A .karena HP nya juga lumayan harganya maka saya agak takut coba2 tanpa bimbingan :) heheh

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Sanyo eneloop 2500 mah? Bagus. Diseri pake 5 batere aja gan, jd total 1,2 x 5 = 6V, rangkaian no. 1 di atas. Jgn lupa kl transistor panas wajib diberi heat sink.

    Anonim mengatakan...

    pak,saya berkeinginan membuat carger hp dari dinamo tape recorder yg diputar balik tapi hanya mampu menghidupkan lampu led.apakah ada rangkaiannya supaya bisa mencarger hp. Terimakasih.

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Perkiraan ane agan pake kincir angin/air kan?
    Kl pake motor tape terlalu kecil gan dayanya, pake dinamo sepeda aja lbh besar.
    Tp kl ttp pingin pake motor tape bisa asal agan melipatgandakan RPM-nya dg gear yg memadai. Itupun tetap berdampak pada brush/slipring (DC) dinamo tape itu yg cepat aus lain dg dinamo sepeda yg brushless.
    Pake rangkaian emitor follower aja lebih ekonomis gan.

    mukidhy mengatakan...

    siang gan
    saya mencoba membuat lilitan kawat yang di induksikan dg magnet(seperti pada pengisian kelistrikan sepeda motor) dan saya gunakan sbg carger hp tetapi hanya menghidupkan hp kemudian mati lagi. Rangkaian apakah yg harus saya gunakan sehingga bisa untuk mencarger hp dengan normal.mohon pencerahanya gan

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Yup, kasus yg sama, lilitan kawat buatan agan terlalu kecil untuk memberi daya ke batere HP.
    Jika memang niat buat sendiri solenoid, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
    1. GGL induksi listrik brushless dengan magnet yg bergerak, biasanya arus bolak-balik (AC), HATI-HATI ntar rusak HP agan, jadi harus disearahkan dulu pake dioda dan diratakan pake kapasitor seperti halnya adaptor,
    2. Agar lilitan agan menghasilkan daya maksimal, harus mengerti prinsip dasar sederhana GGL induksi (perubahan fluks magnetik pada lilitan kawat)dengan volume yang sama:
    a) semakin banyak lilitan, TEGANGAN output semakin besar,
    b) semakin besar luas penampang kawat (diameter), ARUS output semakin besar,
    c) semakin besar perubahan medan magnet (a) dan (b) di atas semakin besar pula.
    Teknis selanjutnya:
    1) gunakan magnet permanen yg kuat,
    2) perkecil jarak antara magnet dan lilitan,
    3) perbesar kecepatan putaran poros,
    4) kalau sudah bisa menghasilkan tegangan DC sekitar 10V, baru pake rangkaian charger USB yang 6V di atas.
    Ok, selamat mencoba lagi gan...

    Anonim mengatakan...

    mintak skema rangkaian carger hp yg pake dinamo sepeda gan. Hidup dipedalaman minim listrik pln hehehe...

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Charger HP dinamo sepeda 12V:
    Pakai penyearah dulu seperti halnya agan buat adaptor (kuprox/4 dioda) nyambung ke elco 4700 uF/25V, setelah itu sambungkan ke rangkaian charger portable yg pakai 7805 di atas.
    Agar agan tidak cape medal trus, ada baiknya setelah dari elco tadi juga diparalel dengan accu 12V dgn maksud sebagian listrik yang dihasilkan engkolan akan dipake charge accu tadi. Jadi misal agan brenti ngengkol, accu akan mengambil alih untuk mengecharge HP agan.
    Bagus gan, sambil olah raga.

    ahmad mengatakan...

    mas saya ada batre nokia bl5j bekas nokia n900 1400mah jumlahnya 3 ,saya mau buat portable charger..saya sudah susun yg positif saya sambung positif semua begitu juga yg negatif saya gabung juga setelah itu masing masing saya sambungkan ke kable mini usb,kemudian saya coba chargerkan ke bb saya ada indikator batre masuk tp kok ga bisa nambah ya kapasitasnya..tolong dong mas kasih skema yg aman biar bisa digunakan untuk ngecas makasih

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Di komen terdahulu sebenarnya udah dibahas. Jadi agan hrs membuat sambungan seri 2 batere td yaitu + batere1 disambung dg - batere2. - batere1 menjadi terminal -, sedangkan + batete2 menjadi terminal+. Dari kedua terminal itu akan terjumlah tgangan sekitar 7,2 V. Barulah agan gunakan rangkaian pengikut emitor utk meembuatnya menjadi teg USB 5V.
    Catatan:
    Batere nokia palsu biasanya mempunyai AH yg jauh lebih kecil.
    Penggunaan seri 3 batere sama sekali tidak menambah AH-nya.
    Kl sudah kadung diparalel seperti yg agan lakukan itu, sy takut batere td udah rusak dgn penjelasan pd komen sy tentang sambungan seri/paralel batere.

    Anonim mengatakan...

    saya pernah lihat di youtub cara memutar dinamo mini menggunakan magnet ketemu magnet dengan cara magnet disusun diatas piringan vcd dan piringannya di tempel di as dinamo kemudian di didekatkan menggunakan magnet, piringan itu berputar teruz menerus. Saya membuat seperti itu kok gak bisa berputar ya.. Tolong kasih tip n triknya pak. Trims

    Anonim mengatakan...

    malem mas,
    saya pengen buat juga nih charger yg menurut skema no 2.

    masalahnya kan aki motor Ah nya gede mas, sementara charger ori biasa nya cmn 1Ah. gak ngerusak hp nya sendiri mas?
    kalo memamng bisa diturunin arusnya, enaknya ditambah apalagi ya?

    tks.

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    AH hanya merupakan salah satu cara untuk menyatakan kapasitas batere dalam perkalian A (Ampere) dan H (Jam). Jika misal sebuah batere berkapasitas 2AH, artinya ia mampu mengeluarkan arus 1 A selama 2 jam atau 4 A selama 0,5 jam atau 0,25 A selama 8 jam, dst. Karena itu sebuah batere yang mempunyai AH besar biasanya mempunyai ukuran yang relatif lebih besar.
    Dengan demikian berkaitan dengan pertanyaan agan, AH berapapun tidak akan merusak HP sepanjang ia mempunyai TEGANGAN (V) yang sesuai.

    IFAN OKEY mengatakan...

    mas . gmna cara buat cas hp pkek .. battrai AA
    dan beri cara nya
    apa yang harus dipersiapkan ....

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Pake rangkaian pengikut emitor di atas dengan 4 baterai baik A1, A2, maupun A3. Semakin besar batere, semakin banyak kapasitas 'strum'-nya.

    Anonim mengatakan...

    mas gmna cara xa bikin cas hp
    pakek aki 12v

    Anonim mengatakan...

    mas lukman
    selamat malam

    mau tanya mas
    misal saya kan punya batere laptop 18.5volt
    belum saya bongkar sih

    jadi misal ketemu ujung + sama - nya
    lalu, mau saya rubah ke tegangan 5volt itu pake 7805 jg ya

    biar klo batere habis bisa ane colok ke laptop lagi, owh ya itu batere laptopnya udah bocor tapi masih lumayan 30 menitan klo gak salah

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    @Pake 7805 seperti rangkaian di atas.
    @Tak luruskan, chargernya yg 18.5V, batere tetap 12V. Yup, 7805 sip.

    Anonim mengatakan...

    saya sudah mencobanya dan hanya sbgian HP yg mendukung,
    kbnyakan hp china tdk mendukung.

    Anonim mengatakan...

    @Pake 7805 seperti rangkaian di atas.
    @Tak luruskan, chargernya yg 18.5V, batere tetap 12V. Yup, 7805 sip.

    maaf kang baru balas
    makasih kang, tinggal percobaan nih
    owh 12 volt ya hehe
    iya yh chargernya yg 18.5V

    btw, sekalian tanya mas
    charger desktop yg beredar dipasaran (charger model jepit) itu ada yg tegangannya 2,4 v- 5.0volt ada yg 4,25volt-8volt bagus dan aman tidak ya, berhubung ane gak paham tentang daya dan tegangan, serta efeknya

    makasih kang lukman

    Oprek-Oprek mengatakan...

    salam kenal,

    informasinya mangstab bgt nie.
    sy mau tanya untuk rangkaian emiter follower nilai untuk D dan R nya brp yah? lalu untuk menurunkan arus/ampere pake komponen apa yah mas?

    Trims

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Salam kenal juga.
    - D pake 1 ampere aja (4001-6)
    - R pake 56-100 ohm
    - Pake resistor, kalo tegangan diturunin ato R ditambahin otomatis arus turun sendiri, sesuai Hukum Ohm
    V = I x R

    Oprek-Oprek mengatakan...

    ok mas...trims informasinya.... seneng bgt saya...

    ari mengatakan...

    aslamualaikum...........
    saya ari mas dari purwakarta

    mas saya coba yang cara2 yang pake panasonik kok kuatnya cuman 10 menit yah?
    terus gimana yah mas caranya agar batre kuat tahan lama kaya energezer yang bisa sampe 34jam.....

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    @Waalaikum salam,
    Sy pikir panasonik dan energyzer tidak banyak beda asal asli lho ya. Berapa kapasitas AH-nya mas?
    @Charger jepit tidak direkomendasikan tapi kalau mau aman pake yang tegangan rendah aja.

    ari mengatakan...

    Mas klo boleh minta no hpnya boleh game biar langsung say nlp soalnya klo did sinI lama mas...trimakasih...

    Anonim mengatakan...

    salam kenal mas...
    saya heri jogja

    mau tanya mas...
    1. charger usb no.1 bisa dipake buat nokia dengan colokan bulet kecil gak ya?
    2. bolehkah saya minta skema charger laptop matengnya alias skema charger laptop komplit dengan nilai komponennya.
    boleh lewat email saya me_hery@yahoo.com
    terimakasih

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    @Ari: boleh kpn aja, tlg kirim email ke lukmannet@yahoo.com
    @Heri:
    1. Kl jack bulet kecil yg biasanya utk nokia tegangannya di atas 5v mas, tidak direkomendasikan
    2. Charger laptop kan inputnya macem2, ada yg 19, 17, 15. Saran sy, buatlah regulator op-amp 741 yg pake potensio utk variasi tegangan dgn tujuan menyamakan tegangan input yg dibutuhkan laptop. Banyak kok contohnya di internet. Kl msh bingung bisa kirim email ke sy ntar tak kasih link-nya.

    Anonim mengatakan...

    mas, saya kok bingung ya..maklum masih newbie di bidang elektro..hehehe
    bisa minta tolong nda mas?
    tolong kirimin gambar rangkaiannya sm belinya apa aja untuk membuat portable charger pake battrei charge AA..trs susunannya seri atau paralel itu jg saya blm bgitu ngerti X_X
    tolong kirim yg lengkap ya mas..
    trs klo beli colokan charger bwt yg nancep di BB itu dimana ya mas..saya cari di semarang kok nda ada yg jual @_@

    thx b4 :D

    mick - mitchung27@yahoo.co.id

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Ok. Kita pake rangkaian di atas yg judulnya "Charger USB dengan Catu Daya 6V". Jadi 5 bateray AA disusun seri, kalo 1 bateray tegangannya 1,2V maka 5 bateray 5 x 1,2V = 6V. Gambar yg bateray di atas udah ada tuh, tp cm 4 buah sy solder bolak balik, kl gak gitu kan panjang mas, gak praktis.
    Beli aja Transistor D313 ato transistor sisa lampu TL (biasanya ada 2 buah), dioda zener 5,6V, dan resistor 68 ohm. Disusun seperti di atas beres dah, tp diukur dulu outputnya mas, takut salah nyambungnya ntar rusak lagi...
    Masalah BB ane kurang itreng mas, maslahe pake android yang biasanya USB support. Bukankah yang kita bahas ini port USB?

    Anonim mengatakan...

    transistornya 1 mas?
    trs itu ada tulisan D diatas TR itu apa ya mas? dioda jg?

    trs itu cara ngechargenya gmn ya mas? apa di charge melalui lubang USB yg sama sbagai outputnya td? ada carakah biar klo uda penuh battreinya bisa mati ndiri? (mksdnya ttp nancep di charger tp uda ga ngecharge gt mas..)

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Iya kelupaan, itu dioda biasa, cari di sisa2 TL dah. Golek wedokane USB mas, kan kabel hp usb iso mancep, he he.
    Masalah bateray penuh apa tidak udah ditangani rangkaian catu daya hp. Kt gak usah cawe2. Gt y.

    Anonim mengatakan...

    TL tu apa si mas sbnrnya? Nda bgitu ngerti saya ahahah :D

    Trs mksdnya penuh tuh bukan hpnya mas..tp si portable charger ininyaa..klo abis ditancep ke hp kan abis ni mas battreinya..nah itu ngisinya lg gmn? Trs biar klo portable chargernya ini uda penuh lg biar mati ndiri apa ada rangkaian lain lg yaa?
    Heheh..maap mas tanya2 trs..agak lelet saya soalnya klo ttg elektro gni hahahaha :D

    Anonim mengatakan...

    Maaf mau minta rangkaian buat pengganti kufrok sepeda motor. Jadi rangkaian penyearah disertai penyetabil teganganya. thx
    email ya suhu... ( ss_komunika@yahoo.com )

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Suhu apaan? suhu badan kalee.
    Karena arus yg dihasilkan oleh alternator/spool masih berupa AC maka perlu di-DC-kan agar dpt dimanfaatkan sesuai kebutuhan sepeda motor yàitu menggunakan 4 jembatan dioda. Karena tegangan setelah menjadi DC masih tidak stabil dan kàdang melonjak, maka regulatorlah yg mampu mengendalikannya s3hinggà tegangan àman dipakai.
    Sy tidak tahu secara spesifik kebutuhan tegangan untuk setiap merk motor, namun biasanya kebutuhan tegangan berkisar 13,8-14,4 Volt. Mengingat IC regulator yg ada di pasaran 7815, hendaknya output 7815 dihubungkan dengan dioda biasa secara seri untuk membuang tegangan 0,8v sehingga output final menjadi 14,2V. Gt ya gan...

    widhy mengatakan...

    bagaimana cara merangkai seri 8 batterai aa?

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Seri artinya berurutan, jadi + ketemu - seterusnya sampai akhirnya + paling atas berpasangan dengan - paling bawah dalam rangkaian 8 batere tersebut.

    Didin mengatakan...

    Mas saya mau tanya kalow paky ic 7805 kox gak bisa bt charger hp nokia 6600 ,yaaa
    .
    .Mohon bantuannya,

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    7805 outputnya 5V gan. Kl 6600 setahu saya butuh input 7V. Gini aja, ganti dengan 7809 trus outputnya disambung dengan 3 dioda seri 4002. Semoga berhasil.

    Anonim mengatakan...

    gan ane pakai lm 7805 dengan kapasitor 1000uf 16 v dan kapasitor milar 100nano tapi setelah dicoba kok ic ane panas banget terasa terbakar n setelah q dapat usulan agar diberi resistor keramik 100 ohm 10 watt bener ic nya dah g panas tapi kok charge nya lama banget ya apa jg efek samping dari akinya gan terimah kasih

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Sepanjang sambungan benar, panas itu wajar. Pake aja peredam panas (heat sink). Buang tuh resistor. Gak ngefek ke akinya, tenang aja.

    Anonim mengatakan...

    menarik nih mas artikel ny, jadi pengen bikin juga...
    .
    sebelum nya saya mau nanya dulu mas, kalo saya mau bikin buat nge carger (samsung galaxy tab 10.1), harus pakai cara yang mana, biar lebih optimal ??
    .
    mhon bantuan nya mas, kalo bisa secara rinci.. hehe
    thx sebelumnya.

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Pake yg pengikut emitor dengan baterai asam timbal 6V, karena daya yang terbuang kecil. RInciannya kan udah di atas gan.

    Anonim mengatakan...

    makasih mas,
    nanti saya coba bikin.
    kalo gak ngerti saya nanya lagi ya mas, hehe

    nanya lagi nih, kalo baterai yang 6V tadi itu habis, apakah harus beli lagi, atau di cas ulang aja ??
    nah cara pengecasan nya apa kita bikin juga alat nya?

    software tanah air mengatakan...

    numpang tanya mas.
    saya pake chargeran blackberry standar.

    butuh waktu 10 menit untuk naekin 1% power batrenya.

    gimana caranya biar bisa booster, dalam artian, mungkin dalam waktu 20 menitan bisa sampe 80%

    apakah amperenya dinaekin?
    gimana caranya biar HP nya juga safe


    thanks

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    @Ok. Kl habis baterai 4AH, charge langsung pake adaptor 350-500mA cukup.
    @STA: Wuih, lama amat. Apa bukan karena ada kerak penghambat aliran listrik di sambungannya? Coba ganti kabel. Alternatif, biar agak cepet chargingnya, unt USB port, coba masukin 5,1V. (rentang tegangan USB berkisar (4,8-5,2V)Tegangan naik, otomatis ampere ngikutin.

    Anonim mengatakan...

    nanya lg mas.

    bahan2 yang diperlukan dalam pembuatan charger dengan rangkaian "emitor follower" apa aja ??
    dari mulai input sampai output nya?
    rincian ny jg mas

    thx sebelumnya mas.

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Dinamai emitor follower karena outputnya langsung dari kaki emitor transistor. Misalnya pada rangkaian no. 1 di atas (untuk catu 6V). Tp diberi masukan lebih 6V juga gpp, tinggal sesuaikan nilai resistor agar daya zener tidak terlampaui.

    Anonim mengatakan...

    Mas Lukman, sy sdh buat charger emiter followernya, bekerja dgn baik. Kalau batterynya diganti eneloop (@1,2V) apa bisa? Kan totalnya cuma 4,8V. Krn klo pakai 5 battery (total 6V) kan tmpt batterynya yg susah nyarinya, yg ada di pasaran cuma isi 4 ato 2 battery AA.

    Paul

    mick mengatakan...

    masssss help mee....
    kok nda bs ngecharge yaaa?
    cmn bisa pertahanin aja..jd misal batrei bb tinggal 70%, biasanya turun ke 65% dlm wktu skitar 15 mnit,,tp ini klo ditancep cmn bs memperlama doank jd 30 mnitan..tp ga bs ngecharge..
    aq pake rangkaian nomer 1 mas..
    oyaa whatsup mas kok ga bs dihubungin lagi?

    Wong Umum mengatakan...

    Mas Lukman yang baik hati . . Bisa kan minta no HP nya biar bisa konsultasi langsung

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    @mick: batereenya kurang tegangannya (ngedrop). Coba ukur tegangan keluaran saat operasi.
    @wong: di profil kan ada

    Anonim mengatakan...

    prmisi om,,klau mw buat charger engkol..komponenny apa sja ya om,,krn pngen bgt pny usaha sndri

    Anonim mengatakan...

    Gan ane pake galaxy y dan pake cara ke 2 (IC 7805) padahal tegangan out putnya dah 5 Volt tapi hp ga mau ngecas kenapa yah???

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    @Charger engkol sepeda tah? KOmen di atas sepertinya udah ditanyain.
    @Coba lihat kabelnya barangkali ada keraknya.

    Anonim mengatakan...

    tapi kalau buat sony ericsson xperia x8 ga ada masalah padahal kalau dilihat carger galaxy y out putnya sama 5 volt.
    Kabel data dah coba dari punya samsung dan soner

    pungki blog mengatakan...

    @Pak Lukman.

    Blog ini sangat membantu.

    terumakasih infinya.

    Anonim mengatakan...

    mas ane mo tanya nih,ane buat charger dari charger catok (cahrger kodok )yg banyak di jual di konter2 hp,tapi ane modif lagi dari keluaran trafo kEciL output 4,2v/350ma DC.ane ganti dengan batree AA 1,5v x 3buah+=4.5v.dan masuk,tapi saya masih ragu.kira2 aman ga y?.dan satu lagi pertanyaan saya.berapa sih mas kapasitas arus(mA)??? yg di miliki batree AA 1.5v biasa yg di jual di warung2,mohon petunjuknya.terimakasih.

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    @Coba output diberi capasitor 100uF atau 100nF
    @Pungki: Sama-sama
    @Apapun sumber daya DC-nya(batere, aki, sel surya, dll) asalkan TEGANGAN-nya sama tidak masalah. Arus akan menyesuaikan sendiri sesuai dengan tegangan yang dikeluarkan.

    Surya mengatakan...

    Mas Lukman, saya sudah coba menggunakan input 6v seperti di gambar 1 dan sukses... tapi satu hal yang saya tanyakan, kenapa begitu lambat dan dalam satu jam tdk bertambah walaupun hanya 1 persen pada blackberry bold saya.. bagaimana memperbesar ampere pengisian, komponen apa yg harus diganti? minta speknya donk.. :) trims mas..

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    @Sepertinya udah pernah ditanyainn pada komentar di atas. Coba masnya ukur apa benar outputnya 5V trus jg pastiin kabel tidak ada kerak
    @Ada eemail masuk menanyakan rrangkaian mana yang aman untuk jd charger, semuanya aman asal outputnya 5v dan tidak kebalikk tentunya.

    Surya mengatakan...

    @ Mas Lukman : Sudah benar outputnya 5 volt bersih mas.. tapi pengisiannya sangat lambat.. Semua komponen baru dan tdk ada keraknya.. Bagaimana agar pengisiannya lbh cepat mas? Di pasaran ada yg outpunya 1A bahkan.. trims.. :)

    dion mengatakan...

    makasi mas bru saya mau coba semoga berhasil doanya ya

    Topan Bayu Jr. mengatakan...

    http://topanbayuirawan.blogspot.com/2011/10/project-merakit-usb-multicharger-high.html
    MERAKIT USB CHARGER JUGA GAN....
    ARTIKEL ANDA BAGUS, ANDA MEMBUAT KLO SAYA MERAKIT

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    @Dion: Amiien, bulan puasa biasanya makbul.
    @Topan: Ok, trims atas kunjungannya. Membuat atau merakit sama aja, yang penting sharing pengetahuan gan...

    Anonim mengatakan...

    mau nanyak gan kira2 yang bisa di buat cah hp 3 kali atau lebih sebainya menggunakan rangkaian yang mana dan menggunakan batre apa.
    kalau ada barangnya yang kecil biar enak bawa nya.
    maklum sering masuk hutan kadang sampek 1 minggu.
    kalau cuman 1x pakek kan nggak mampu 1 minggu.
    trims gan.......

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Coba pake rangkaian yang 6V dengan 5 batere eneloop 2500AH, itu yng setahuku paling kecil dan kapasitas besar. Tapi kalo sampe lama, coba juga pertimbangkan pake sel surya.

    Anonim mengatakan...

    Nuwun sewu Bang arif, utk yang rangkaian gambar 1,
    kalo mau di tambah switch utk nge-cas baterai sumber jg pke USB gmn bang.?
    kan repot kalo habis buat ngisi,baterainya di lepas di chas ulang,,(dwiky)

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Bisa kok diakali model switch, tapi harus pake batere Ni-MH yang dipilah 2 grup (masing2 bisa terdiri dari 2 ato 3 batere) karena tegangan USB cm 5V. Kan tegangan charging harus lebih besar dari tegangan batere gan? Resistor seri yang sesuai dipakai untuk masing2 dari 2 grup tersebut agar arus charging 1/10 dari AH batere.

    H-X mengatakan...

    permisi mau tanya rangkaian untuk menguatkan arus 3,3 - 4 volt jadi 5 volt rangkaian USB? ketika arus turun bisa otomatis distop gak ya? tolong bantuannya di email ke heriyanto_tang@yahoo.com terima kasih

    ferielek mengatakan...

    gan itu charger usbnya yang no 1 komponenlisynya apa bisa di emailkan ke ferimario@ymail.com

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Cari di google "voltage doubler circuit" gan.

    bisnis cantik mengatakan...

    gan mo nanya nich, klo rangkaian diatas yang pake sumber arus aki bisa diaplikasikan ke battery yg dicopot dari hp gak? maksudnya spt charger catok gitu gan? trus misalnya bisa, ada resiko over charge gak ya? ato klo ada rangkaian yg bikin charge catok dg sumber arus dari aki motor , share donk gan!!! sekalian rangkaian otomatis cu saat battery penuh!!!
    thanks B4.

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Wah, charger catok lain topik gan, kl ini diaplikasikan pasti resiko overchage. Kl mau bikin chàrger catok sederhana dan sambil belajar tentunya, karena pada sebuah charger ada 2 yang dibatasi yaitu tegangan dan arus, buat aja sebuàh regulator 4,2V diseri dengan sebuah pembatas arus (lihat komentar tanggal 25 Oktober 2011 20:08). Ditinggal sehari semalam pun tidak masalah karena begitu tegangàn maksimal sudah tercapai (4,2V), arus akan berhenti dengan sendirinya.

    Anonim mengatakan...

    gan mw nanya kalo buat charger usb pake baterai aa 4 buah bisa di terapin di rangkaian gambar 2 gak ,( baterai merk ABC)

    terima kasih sebelumnya

    Anonim mengatakan...

    permisi gan ane pny hp galaxy y trus chargernya ilang,ane cm pny kabel datanya aja skrg trus prnh beli charger palaannya doang trus sambung pake kabel data ane ehh chagernya meleduk trus listrik di rmh ane turun,skrg ane beli lg ni palaannya takut meleduk lg.mohon pencerahannya gan
    mw nanya klo spesifikasi battrey :

    Baterai : 1.200mAh Battery
    Capacity, Up to 1.020min
    (2g), up to 370min (3g)
    Talk Time Battery, Up to
    850hr (2g), up to 540hr
    (3g) Stand-by Time Battery

    klo pake charger yg spesifikasinya :

    Input : AC 100-240V ~ 50/60Hz 0,15A
    Output : 5,3V = 65mA

    Itu kira" aman gak ya gan,mohon bantuannya gan...

    Anonim mengatakan...

    Mas saya tertarik untuk mencoba rangkaian charger usb dengan catu daya 6v,

    yang di tanyakan apa yang harus di beli di toko elektronik, mengingta saya awam mengenai elektronika...

    yang di beli
    Tegangan Dioda Zener (5,6V)
    transistor D313
    apakah betul?

    dan berapa ukuran dari resistor dan ukuran Diode yang di atas..

    terimakasih :)

    yolli purnama mengatakan...

    Maaf mau menanyakan & meminta komentar. Saya pengguna ponsel ber-GPS (dan amat menyedot baterai ketika menggunakan GPS), socketnya adalah MicroUSB (ada kabel converter dari USB-MicroUSBnya). Jenis Baterai saya adalah Nokia BL-5J (3,7V - 4,9Wh - 1320mAh). Saya juga memiliki Baterai jenis 18650 Ultrafire 3,7V 4000mAh. Yang saya tanyakan adalah, apakah saya bisa menggunakan baterai Ultrafire tersebut untuk "charge" Ponsel saya, apakah hanya dengan menyambungkan bagian "+" baterai 18650 ke "+"-nya USB & "-" baterai 18650 ke "-"-nya USB saja ? Kalau benar memang seperti itu, apa saja yang harus diperhatikan, mengingat tidak semua portable charger (Baterai Eksternal) itu kompatibel terhadap Ponsel Nokia saya. Terimakasih sebelumnya atas jawaban dan komentarnya.

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    @Agan1: 4 batere ABC lebih baik pake rangkaian no. 1 gan. Kl pake no 2 kata pabrik 7805 tidak kerja optimal.
    @Agan2: Charger baru max 65ma yg agan beli masih belum aman, bisa "jduer" lg gan. Biasanya kl ngisi batere 1200mah, diperlukan sedikitnya 400mah charger (HP g dipake) atau 700mah (HP sambil dipake ngebel).
    @Yolly Purnama: Kl sudah membahas kabel USB, pasti tegangannyà 5V, jgn disambung dg 18650 yg 3,7V, gan. Kl mau nyambung langsung ya terminal BL td langsung diganti 18650, tp bukan opsi yg baik karena ribet sy kira. Solusinya emang harus buat portabel charger seperti rangkaian di atas. Sy kira pasti kompatibel kok, namanya aja USB (Universal Serial Bus) kalau gak, ya nokianya yg error.

    oyi mengatakan...

    assalamualikum wr. wb. Mas maaf aku mau bertanya, karena aku masih sangat awam di dunia elektro.
    saya mau membuat rangkaian yang no 2 dengan power supply dari adaptor yang bisa di atur-atur Volt-nya antara 1.5V-12V, dan kalau membuat 2 rangkaian untuk 2 hp, tapi power supply-nya hanya 1 yaitu 12V tadi, apakah bisa?
    dan ada lagi kalau baterai hp-nya udah penuh apakh bisa otomatis berhenti sendiri proses chargernya, apakah rangakaian tadi juga bisa dibuat untuk charger baterai AA seperti sanyo/GP?
    terimakasih mas, aq tunggu jawabannya.

    rio saptyo mengatakan...

    maaf mz lukman sy pendatang baru yg lg mau belajar elektronika nich...hehehe
    sy mau nanya komponen ap j yg ad d rangkaian gambar no.1....tolong y mz lg pengen bikin bikin nich

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Ok, salam kenal Mas Rio. Komponennya kan udah tak ceritain di bawahnya, Mas? Coba baca lagi.

    Anonim mengatakan...

    Mas lukman saya udah bikin input dari aki mobil. Pakai ic lm7805CV ditambah kapasitor 100nf. Di coba di HP cina mau ngecas. Tapi di blackberry bold gak mau. Salah dimana ya mas? Terimakasih.

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Coba lepaskan 100nF-nya.

    joe mengatakan...

    lam kenal gan. sy udah bikin dg rangkaian no 1.dg menggunakan batery mobil remot 9,6volt 2000mah. tp untuk ngecas bb ga bisa masuk, klo buat hp yg laen termasuk android dah ok walopun ga bisa full. padahal spec charger bb kan juga 5volt, mohon pencerahan. makasih

    risman handoyo mengatakan...

    Gan kl mo bikin charger portable pake batre dr lampu senter LED dgn tegangan 4volt gimana yah...saya pk galaxy young gan.
    Makasi gan

    Anonim mengatakan...

    klo saya langsung pasang power untuk charger di aki kering tambah rangkaian lagi apa gak gan??

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    @Joe: Ane curiga baterenya kekecilan kapasitasnya gan akibat BB ngambil arus kebanyakan sehingga tegangan jadi drop. Pake betere merk cina tah? Jgn percaya sama tulisan 2000mah. Coba pake batere lain.
    @Maksudnya buat ngecas aki kering asam timbal (lead acid? Kl kapsitas 4AH kasih aja adaptor 500MA.

    Anonim mengatakan...

    Kalau pake 1 baterai AA tapi yg kapasitas gede (misal saya pake sanyo eneloop 2000mAh) kira2 cukup ga? untuk mencas 1 HP yg besar baterenya kira2 1500mAh?

    gilang titanio mengatakan...

    mas tanya, kalau untuk arus output (yang masuk baterai hp) baik gambar 1 maupun gambar 2 itu berapa ampere ya??

    Profilku mengatakan...

    @Agan: AH memang salah satu cara untuk menyatakan kapasitas batere, namun ini dengan asumsi bahwa tegangannya sama, tegangan 1 batere AA = 1,2V sedangkan batere HP biasanya 3,6V. Dalam hal Agan akan menggunakan Voltage doubler, secara praktis kecukupan kapasitas bisa diukur dengan satuan (WH) Watt-Hour dengan rumus P = V x I x H.
    Nah, jika pertanyaannya cukupkah 1 batere 1,5V (2AH) menyuplai 3,6V (1,5AH), harus dibreakdown ke elemen penyusunnya.
    WH batere = 1,2V x 2A x 1H = 2,4WH sedangkan WH HP = 3,6V x 1,5A x 1H = 5,4 WH.
    Sehingga 1 batere tersebut tidaklah cukup untuk mengisi HP. Gitu ya, gan, semoga mengerti.

    @Gilang: Kalau liat spec komponennya, kira2 ia mampu maksimal mengeluarkan 1A. Kalu masih kurang, tidak masalah kok kl 7805 diparalel sehingga outputnya bisa maksimal 2A.

    Anonim mengatakan...

    assalamu'alaikum..
    salam kenal..
    mas,,mw tanya..
    kalo mw buat charger dengan tenaga alternatif gmn?
    apa aja yang diperlukan?
    yg bisa ngecas semua merk Hp.
    trus,pilih yg 5V ato 6V?
    hehehe..
    ada tgs kuliah mas..
    mohon pencerahannya..
    trims.. :)

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Waalaikum salam,salam kenal juga.
    Kl bicara tenaga alternatif, biasanya berkaitan dengan transducer berupa sel surya dan generator/kincir (tenaga angin, air, manusia, dsb). Kalau masing-masingnya udah mampu mengeluarkan arus searah minimal 6V tentu bisa dibuat charger USB.

    ridwan (read.one01@yahoo,co.id) mengatakan...

    'Charger USB dengan Catu Daya 7-15V
    Opsi penggunaan kisaran tegangan ini sangat baik jika menggunakan IC regulator 7805 (tegangan output 5V). Rangkaian ini bisa Anda instalasikan pada catu daya accu mobil/sepeda motor'

    aku bikin alarm motor pake HP,untuk ngecasnya bisa lsng ke aki motor (stand by/colok terus)walau motor jalan/hidup?

    aku pernah pasang 7812 pada motor, pas jalan/digas IC meledak/rusak (arus tdak tetap dan s/d 18 volt)???

    mohon pencerahan...

    klasifikasi : motor athlete, aki 12V/3A, dalam keadaan hidup arus bisa s/d 18 VDC...tks

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    - Bisa dicolokin terus gan ke aki, gak perlu dicopot.
    - Kalo sampe meledak berarti kepanasan krn belum diberi heat sink (peredam panas), ya kan?

    Resta Syailendra mengatakan...

    asslmkm mas mau nanya . rangkaian no 1 yg 6v, dioda zener nya berapa ? maksh.

    Anonim mengatakan...

    mas klo step up gmn ya?
    kasus ini kan butuh min 6v jd rada boros jg klo pake 3.6v kan lbh hemat :D
    bs pake 18650/18700 batrenya 1 biji aj

    Anonim mengatakan...

    gan mau tanya kalau buat changer portable buat galaxy pakai rangkaian yang mana
    kalau pakai batu bekas mobil rc bisa

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    @Resta: 5,6V, kan udah ada datanya.
    @Agan1: Step up adalah istilah untuk tegangan AC. Untuk DC, harus ada semacam rangkaian voltage doubler (lihat komentar2 sebelumnya), tapi menurutku kurang efektif gan, karena di situ juga ada rugi daya.
    @Agan2: Bisa, asal tegangannya memenuhi syarat.

    Abdul Majid mengatakan...

    klo charger buat hp BB gimana mas,,,
    Cos Hp BB tidak bisa di charger jika gk pake charger orinya,,, tau gak cara ngakalinnya????
    Samsung galaxy jg gtu,, tp aq tau prinsip kerja charger untuk samsung glaxy,,
    Yakni data D- n Data D+ harus dikasihh beban,,
    Mnggnakan R 10 kilo to gnd,,
    Baru bisa ,,
    tp klo BB aq lum bisa cara ngakalinya,, tolong bantuannya mas,,

    agus mengatakan...

    mas, maaf nubi mau tanya..

    saya punya batre li-ion 1250mah sebanyak 6 buah = 7500 mah

    saya beli juga portable charge yg di PKL yg isi nya hanya 1 batre AA, kalo ga salah itu output nya 5.6v 400mah

    tujuan saya beli portable charge nya hanya untuk ambil komponen dalaman untuk di aplikasikan men charge hp andro ane..

    alhamdulillah berhasil setelah ane rangkai batre nya secara paralel.. tapi kok bunyi ya seperti suara alat pengusir tikus di saat mencharge.
    jadi agak pengang neh di kuping mas.

    kira 2 saya ada kesalahan ga pada ngerangkai perkabelan nya?

    thx

    Anonim mengatakan...

    Assalamualaikum

    Saya Joko, sy punya batere laptop yg 3.7v tp lupa berapa mAH 6 buah, bisa tidak dimodif dijadikan semacam power bank buat hp?

    jika berkenan bisa diberikan pembelajarannya via email di jbenantriyo@yahoo.com

    wassalam

    arief intelligent mengatakan...

    sorry mau nanya kalo pake ic 7805 begitu di beri beban dia kan drop tegangannya,,,,ga stabil 5v trus

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    @Abdul Majid: Ane belum coba, kan tidak mungkin Ane coba setiap HP. Kalau memang HP-nya USB support harusnya bisa. Barangkali tegangan supply-nya drop karena BB-nya nyedot arus banyak.
    @Agus: Gpp seperti itu. BTW, yang bunyi apanya? Coba diakali dengan memasang Kapasitor milar di outputnya.
    @Arief: Kasusnya sama dengan Bro Abdul Majid di atas, kekurangan supply.

    Anonim mengatakan...

    salam kenal bang nama saya indra.
    saya mau nyoba buat charge portable buat bb dengan colokan USB.
    yang saya mau tanya, bahan2 yang harus saya sediakan apa aja bang n budgetnya berapa?

    terima kasih bang sebelumnya.

    Cube Mania mengatakan...

    mas, itu resistor di rangkaian 1 brapa ohm? Diodanya brapa amper?
    Yang rangkaian 3 dioda brapa ampere?
    Kalo ditambah LED indikator nyambung ato enggaknya taruh dmana?
    Rangkaian 1 bsa bwt btr niMh juga abc biasa kan?
    Buat ngecharge power bank ini (rangk1 dan 3 pake niMh) bsa pake charger hape langsung kan?
    Maaf bnyk tanya, Kalo ada yg udh ditanyain, dsb

    salam kenal dari
    Ivan, Purworejo

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    @Bahan/komponen yang diperlukan yang terpampang di masing-masing rangkaian mas, murah kok, paling habis Rp. 5,000,00 (lain baterai)
    @Cube: Resistor pake 6,8 - 8,2 Ohm, dioda 1 A sembarang aja mas. Klo pake LED terserah mau ditempatkan di sisi mana, tp diseri pake resistor 470 Ohm. Bisa buat batere apa aja asal cukup tegangan (dan kapasitasnya). Klo mau ngecharge baterenya tergantung jenisnya Mas, kl asam timbal pake adaptor biasa aja, tp klo Li-Ion ato Ni-MH harus pake chargernya masing-masing. Di sini memang tidak dibahas karena fokusnya buat charger USB untuk HP-nya. Untuk referensi silakan cari di Google, Insya Allah banyak kok untuk setiap jenis batere. Trims.

    leo mengatakan...

    Halo mas lukman. Saya udah baca nih smua komen dari atas kebawah. Sempet ngeliat soal batre yang rusak karena perbedaan tegangan dan kelebihan beban. bisa jelasin ttg penyebab rusaknya batre klo di pasang seri ato paralel, Takut salah nangkep. Udah scrool bulak balik ngga ketemu lagi itu komentar.-leo-

    leo mengatakan...

    Mau tanya lagi mas, saya masih bingung untuk sambungin sumber tegangan ke port usb. Saya rencana mau pakai skema2. Digambar 2 itu tegangan kluaran positif dari regulator dihubungkan ke port1, trus yg sumbu negatif dihubungkan ke common dan port 4. Pertanyaannya. Port 2 dan 3 biarkan saja? .

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Halo jg Mas, slm kenal. Penyebab rusaknya batere terutama karena arus yg dikeluarkan melebihi maksimal yg diijinkan utk batere tsb, yg mn praktek paling rawan adalah terjadinya hubung singkat, tdk peduli seri ato paralel. Port terminal 2 dan 3 untuk jalur data, menurutku dibuang aja biar tidak "ngriwuki".

    aji setia kurniawan mengatakan...

    Mau nanya mas lukman....saya buat dari baterai remote kontrol mobil....tak sambung ke usb....tp cuma 2 kabel aja,merah ma hitam disocet usb....bisa charger tp.tiba2 hp ga bisa dicash sama sekali ya...ada solusi mas.....

    aji setia kurniawan mengatakan...

    Sama seperti mas lukman port data ga saya pakai yg dipakai plus minus aja....tp hp ga ga mau dicash....apa ada konsleting trus hp ga mau dicash...mohon solusi.....misal konsler ic charger bisa rusak mas

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Tegangannya batere brp Mas? Wah, salut atas kenekatannya, he he. Setahuku ada batere remote walau kecil tapi tegangannya 12V lho, tentu kl tegangan sebesar ini dimasukin pasti langsung kobong IC regulatornya, untung masih hidup HP-nya. Hubungi service centernya aja, karena itu udah di luar jurisdiksiku, Mas.

    Anonim mengatakan...

    Salam kenal mas...saya ridwan jogja.pingin nimba ilmu...
    Saya punya baterai RC 700 mah. 8 buah. 9.6 v...dah dijadikan 1 dah ada cargernya juga....pingin buat portable....apa saja yg dibutuhkan...apa cuma ic regulator 7805 aja....rangkainya gmana?thanks.boleh minta emailnya mas

    Indra Ignatius mengatakan...

    halo mas lukman saya mau bertanya

    saya mau buat power bank iseng" karena tertarik tentang elektro

    saya sudah melihat skema di atas dengan seksama

    tapi saya mau buat lengkap mas

    saya mau pakai led indikator baterai jadi kita tau low-full batere nya

    dan juga ingin mencharge baterai power bank tanpa mencopotnya (karena mau saya pasang bodi)

    dan juga pemutus arus atau cut off menghindari batre rusak karena over charge

    dan itu smua saya belum menemukan skema nya

    mohon pencerahan nya ya mas lukman

    Munif Amin Romadhon mengatakan...

    mas mau tanya kalau yag kita gunakan baterai bekas RC gimana apakah bisa ? dengan spesifikasi baterai NiCD 700mAH 7,6 V. apa bisa di gunakan untuk membuat powerbank ?

    Munif Amin Romadhon mengatakan...

    mas saya mau tanya apa bisa menggunakan batrai bekas remote control dengan spesifikasi NiCD 700mAH 7,6 V ? untuk di gunakan sebagai powerbank apakah bisa ? dan apa saja alat alat yang di gunakan.

    Sutan Zulkarnain mengatakan...

    Saya punya accu basah 6V (YUASA 6N6-3B) saya ingin menurunkan tegangannya menjadi 5V. Bagaimana caranya? Jika cara pertama saya gunakan, berapa ukuran R nya. Terima kasih.

    Sutan Zulkarnain mengatakan...

    O ya mas, kalau Accu basah 6V (YUASA 6N6-3B) digunakan sebagai charger 2 HP bisa ngga? Kalau bisa apa saja komponennya dan bagaimana skemanya? Terima kasih seblemunya.

    beng obeng mengatakan...

    mas mau tanya, kl itu prlu dikasih auto cut off ap nggak biar nggk over charge? kalau memang perlu tolong di share skema nya :) maklum mas masih awam hehe

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    @Sutan: R kasih 68-100 Ohm gpp. Kl buat 2 HP gpp Mas, sepanjang total tidak lebih 2A (lihat spek transistornya). Dicoba aja, tdk resiko kok. Skemanya ya itu juga, biar tambah sip buat 2 aja.
    Beng: Yang bertugas cut off adalah sistem charging Hp-nya sendiri. Tugas kita cuma ngasih tegangan yang diperlukan sebesar 5V. Jd, tdk perlu buat Mas.

    Dheni snr mengatakan...

    mas lukman.gmana cara memperbaiki lampu neon hemat energi spaya bisa nyala lagi.?

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Klo maksudnya tabung ya harus ganti, kan ada usia pakainya. Klo bagian elektroniknya biasanya tidak rusak dan masih bisa dipake. Sebenarnya klo tertarik menekuni ini, bisa jadi sumber uang lho Mas.

    Anonim mengatakan...

    mas, saya mau tanya... Kalau Baterai AA 1,2 Volt disusun 4 seri, kan jadi 4,8 Volt. Apa bisa ngecarghe ponsel dengan Tegangan segitu.? Terus saya mau tanya lagi,caranya menambah kapasitas baterai bagaimana caranya?

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Itu kan teorinya, pada kenyataannya tegangan 1,2V tadi bisa bervariasi mulai 1,1 - 1,4 V. Seandainya 4,8V pun relatif masih bisa karena baterai HP yang diisi teorinya mempunyai tegangan terminal lebih rendah, yaitu sekitar 3,7V. Bukankah syarat agar batere dapat dicharge, tegangan charging harus lebih besar?

    Anonim mengatakan...

    artikel bagus dan sangat membantu.
    mas, mengingat kapasitas batre/accu 6v dipasaran rata2 diatas 3000maH apakah tidak sebaiknya diberi pengaman/pembatas arus supaya lebih aman, baik accu maupun hp kita. misal pada gambar 1 setelah saklar diberi rangkaian current regulator dengan ic LM317 seperti pada link berikut:
    http://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=lm317+calculator&source=images&cd=&cad=rja&docid=7SaKSwBqGPx--M&tbnid=OYFBUbzbzEkJQM:&ved=0CAUQjRw&url=http%3A%2F%2Fdiyaudioprojects.com%2FTechnical%2FVoltage-Regulator%2F&ei=MuCDUeP4NMrjrAevy4CACA&psig=AFQjCNEfkv2NVOT09RlkqOFcfTgjU6ZBRA&ust=1367683491076874

    mohon penerawangan mas lukman apakah. terimakasih

    benie blok mengatakan...

    nanya mas....

    itu kan ada gambar rakitan 4 Batre dengan colokan USB nya tu..
    nha tu dah langsung bisa di pakai buat ngeCas HP ya?

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Pake pengaman(pembatas arus/sekering) tidak apa2, tp sebaiknya dipasang sebelum rangkaian regulator, karena rangkaian pembatas ini akan membuat jatuh tegangan.
    @Benie:Bisa Mas, asal kita tahu persis tegangannya (AVO meter) pada kisaran 4,75 - 5,25 V. Tapi kalau tidak yakin, mending yg ada regulatornya.

    muhammad nuril Asror mengatakan...

    Cara mengisi daya ke carger yg kita buat kyak mna gan ?

    Angger Kusumo mengatakan...

    untuk gambar yg no 4 itu cara buatnya gmn ?

    Yoga Pratama mengatakan...

    kata om lukman " Seandainya 4,8V pun relatif masih bisa karena baterai HP yang diisi teorinya mempunyai tegangan terminal lebih rendah, yaitu sekitar 3,7V. Bukankah syarat agar batere dapat dicharge, tegangan charging harus lebih besar

    jadi misalnya rangkai'an seri. batre ABC. 1.5 volt 3 biji doang. hasilnya 4.5 volt . bisa nga om? aman kan om? nga rusak kan hp nya?

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    @Angger: Gambar 4 maksudnya yg batere 4 buah tah? Diseri biasa, tp lihat dulu tegangannya, sekitar 4,75-5,25 V (lbh aman: 4,80-5,20) apa tidak? Klo ya, tancepin aja.
    @Yoga Pratama: Betul sekali. Permasalahannya sekarang ada perbedaan antara teori dan praktek. Misalnya: telah secara umum diakui bahwa batere primer (misal Merk ABC, eveready, dll) mempunyai tegangan 1,5V, namun kenyataan saat kita ukur, batere baru beli bisa 1,75V dan batere agak usang bisa cuma 1,2V. Selain itu perlu diketahui bahwa mengingat batere mempunyai resistansi internal, kondisi beban nol dengan berbeban tentu berbeda (terjadi penurunan).
    Jadi kalau 3 batere primer dihubung seri, belum tentu hasilnya 4.5V. Makanya setiap orang yang berkecimpung elektronika walaupun pemula, seyogyanya punya AVO meter.

    rizal mengatakan...

    mas saya barusan nyoba buat...pake batrai kering(batrai senter carge) 1000ma...saya seri...dan saya coba bisa.tapi apa gag beresiko???

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Hati-hati mas, tentu beresiko kalau ada over tegangan.

    Agus garsel mengatakan...

    mas...slam kenal,mo tanya batrey senter charger bisa ga di jadi kan power bank...klo bisa kasih tav donk skema nya,,,,dan mo tanya ic.regulator seri L7805v apa sma kya lm 7805...sama ga....7805 ko banyak macam nya..yang bener yang mna....cri2...ic lm7805 ko susah...

    Fhyfhen thyuzt mengatakan...

    Salam setrum mas

    Saya fhyfhenth pengen konsul:
    1. Untuk catu daya 6v dan 7v-12v jika saya pengen output usb_nya lebih dari 1 apakah saya harus membuat rangkaian lebih dari 1 juga (satu aki kering seperti gambar di atas buat nge-Charge 3hp)?

    Apakah ada rangkaian lain yang lebih sederhana daripada membuat 3 rangkaian yang sama. Jika ada mohon rangkaian dan komponennya
    untuk di email ke fhyfhenth@gmail.com

    2. Jika memang pertanyaan saya no1 bisa di lakukan apa resikonya bagi ke3 HP(1 soner x10i dan 2 blackberry onyx2) saya dan juga bagi aki keringnya

    terimakasih sebelumnya

    note:
    threat ini tetap nyala sejak januari 2011 sampai 2013 saya doakan masuk MURI

    Defit Tri Hantoro mengatakan...

    mas mau numpang tanya, saya pake rangkaian yang 6v, saya pake transistor c2073, tapi pengisiannya kurang cepat, biar lebih cepat gimana ya? apa transistornya diparalel ato diganti yang lebih besar arus outputnya? kalo diganti bagusnya pake apa?

    Anonim mengatakan...

    Mas sYa mau tanya kalo yng batre d seri itu kalo pake saklar on of caranya gimana ya gambar d atas saya kurang ngerti toland perjelas singkatan singkatanya maz

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    @Agus: Salam kenal juga. Batere senter juga bisa, rangkaiannya kan udah dipaparin di atas toh. Yang penting ada tulisan "7805" regulator kaki tiga pasti bisa kok mas.
    @FhyHents: Rangkaian di atas bisa untuk dua atau lebih port USB, namun perlu diperhatikan bahwa arus total maksimum untuk 7805 sebesar 1A, jika pingin lebih besar, 7805 harus diparalel. Bisa juga masnya pake rangkaian gambar 1 dengan transistor daya, misal 2n3055. Sepanjang kebutuhan arus dan tegangannya memenuhi, tidak ada resiko baik ke HP maupun aki.
    @Defit: Pada prinsipnya semua transistor bisa dipake, asal mempunyai fitur pembuang panas. Pengisian kurang cepat, biasanya disebabkan jatuh tegangan pada transitor. Coba ganti transitor jenis lain Mas.
    @Itu bukan saklar on/off mas, itu saklar untuk geser tegangan lebih/kurang.


    ANetwork mengatakan...

    IC 7805 bisa diganti menggunakan SMR8805, lebih mantep karena udah switching regulator, biar lebih stabil dan adem, bisa handle arus lebih besar

    contoh skemanya :
    http://goo.gl/D80EAB

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    Trims gan informasinya. Canggih juga ada regulator switching dalam satu komponen. Harganya berapa gan?

    ANetwork mengatakan...

    yup ukurannya lumayan kecil, kayaknya kisaran 29-34rebu degh tergantung belinya dimana

    Jaler tulen mengatakan...

    mas lukman,saya pngn buat yg pakek aki sepeda motor,tp akinya gk dcopot(tetep nempel di sepeda)
    Umpama ngecas sambil menghidupkan mesin sepeda motor gmn ?
    Apa ada pengaruh...?

    Maturnuwun...

    Jaler tulen mengatakan...

    mas lukman,saya pngn buat yg pakek aki sepeda motor,tp akinya gk dcopot(tetep nempel di sepeda)
    Umpama ngecas sambil menghidupkan mesin sepeda motor gmn ?
    Apa ada pengaruh...?

    Maturnuwun...

    Anonim mengatakan...

    salam kenal sebelumnya


    bang saya punya 3 caz BB non ori tp wkt d pake todscren selalu loncat2 kalo sedang caz dlm posisi On, bisa kah caz tersebut d modifiasi supaya arus (A) menjadi lebh tinggi

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    @Anetwork: Trims infonya, bisa dicoba ne…
    @Jaler: Langsung diparalel aja, praktis kan…
    @Betul, sebagian charger non ori karena mungkin pingin menghemat biaya, banyak yang belum stabil tegangannya. Kalau saya belum pernah coba ngakalin ini, tapi tidak ada salahnya Agan coba parallel kapasitor milar 100n di terminalnya.

    AccountDC mengatakan...

    permisi gan ane mau tanya nih , misalkan ane punya 2 panel solar 1 nya itu 3 volt gue seriin jadi total 6 volt /2 wattpeak ,, mau gue charger dengan batterenya s3 mini , s3 mini sendiri 1500 mah dan kosumsi hpnya sendiri 2, 4 wh , kemampuan batterenya 4, 7wh , apa yang harus gue lakuiin ? nantinya gue mau dari panel solar senilai 6 volt itu ngecas ,battere charger 4 biji jadinya 6 volt lalu mau gue cas ke hp gue , apa aja yang harus gue lakuiin dengan volt juga arusnya ?sorry masih newbie TOLONG GUE , THANKS

    WELCOME mengatakan...

    klo seperti batre panasonic diatas resistornya berapa ohm ya

    vicky michael mengatakan...

    gan mau tanya ane udah coba seri in 2 baterai 18650 (8.4 V, 2600mAH) trus ane paralel lagi dengan 2 baterai yang sama sehinga didapat 8.4 V, +/- 5200mAH dan baterai sudah di solder semua nih, ane pake yang LM7805
    pertanyaannya, nge charge 2 baterainya (2 baterai diseri) harus pake tegangan diatas 8.4 V donk yah?
    kira2 tegangan yang harus diberikan buat ngisi 2 baterai serinya itu berapa yahh?
    btw thanks infonya yah

    Arjuna Muhammad Najib mengatakan...

    Gan, saya punya solar cell 5v,, bisa dijadikan input buat rangkaian di atas gak gan ??

    NFadilah mengatakan...

    Salam mas Lukman, saya sudah coba bikin menggunakan LM7805 dengan sumber tegangan dari adaptor 12 v 5A sebagai simulasi saja. tetapi setelah saya coba ke smartphone, ternyata baterainya tidak pernah penuh. sebagai catatan saya menambahkan led ditambah resistor 330 sebagai indikator.
    mohon solusinya, terima kasih

    Anonim mengatakan...

    Mas mohon transfer ilmunya y?, sy py mainan anak mobil aki 12v dan motoran aki 6v, tp daya pemakaian hy sebentar 1jam udh hrs d cas. batre yg dipake aki kering Lead-Acid 6v,7.2Ah gmn caranya menambah daya/ buat powerbank untuk ini...terimakasih...klo g keberatan bls ke email sy. : 4d1v4.aab@gmail.com

    Lukman Arif Wijaya mengatakan...

    @AccountDC: Ane kok agak ragu dengan pertanyaannya Gan. Gini aja, dimengerti dulu hal-hal di bawah:
    1) Saya mempunyai parameter referensi dari batere li-ion ASLI untuk HP merk Sony yang ane pake. Dengan kapaasitas 1350mH ia dapat full charged selama 2jam, sehingga arus yang diijinkan = 1350mAH/2H ≈ 700A. Sehingga kesimpulannya batere Li-Ion asli buatan Jepang, ia bisa discharge SEPARUH dari kapasitasnya.
    2) Jika daya max solar sel = 2WP dan asumsi tegangan max 6V, maka arus max= 2/6 = 330mA. Ini secara implicit menjelskan, misal agan ‘memaksa’ agar arus keluar lebih dari 330mA, berarti tegangannya output solar sel pasti akan turun ke bawah 6V, sehingga dengan kondisi ini batere yang discharge masih dalam batas aman. Jika agan ingin memastikan, jika mungkin/aman, ukurlah arus max solar sel dalam kondisi hubung singkat. Jika arus ini masih di bawah separuh kapasitas (AH) batere Li-Ion yang discharge, itu masih dalam batas aman.
    Nah, terkait dengan pertanyaan Agan, jika terminal solar sel ini kemudian digunakan untuk ngecas batere 4,7AH (bukan WH kan?) saya yakin pasti AMAN Gan, karena separuhnya kan 2,35A? Bahkan kemampuan charging solar sel Agan terlihat begitu kecil sehingga waktu chargingnya bisa di atas 10 jam.
    @Welcome: panasonic yang mana ya? Pokonya arus charging usahain 0,1x-nya deh gan.
    @Sudah betul pengertiannya. Terkait dengan ngecas batere, yang menjadi acuan bukan tegangan charging, melainkan arus charging, dari pengalaman ini akan dimengerti dari berbagai jenis sumber daya dengan kapasitas berbeda.
    Kembali ke pertanyaan, maka untuk kapasitas (ASLI loh) 5200mAH, isilah batere dengan arus 520mA selama 10jam, yang salah satu caranya dengan membuat hubungan seri dengan resistor.
    @Arjuna: Tambah satu lagi biar mantep, tapi jenis baterenya yang aman accu atau lead acid.
    @NFadilah: Sudah bagus, mestinya konek, coba beberapa hal ini:
    1. Restart HP barangkali arus masuk terkunci sementara oleh rangkaian pengaman HP,
    2. Cek sambungan kabel, pastikan tegangan terminal yang masuk ke HP tetap sekitar 5V.
    3. Jika belum bisa, barangkali rangkaian regulator HP-nya dibuat sensitif, coba untuk HP lain.

    NFadilah mengatakan...

    Sudah di coba direstart, dan memang di handphone terlihat mengisi. Kemudian saya coba menggunakan aki motor. Tetapi tetep aja mas, sudah dua jam-an handphone tidak terisi. bahkan setengahnya pun tidak. Untuk informasi, handphone yang saya gunakan Galaxy Mini. Mohon pencerahannya.

    sri muliati mengatakan...

    mas boleh tanya gambar 1 komponennya apa saja

    TEDDY mengatakan...

    BANG KALO BATRE 9 V BISA DI CAS GAK

    Www Indarman mengatakan...

    Mas arif slm knl. Ni mau nanya 'casan untuk laptop bisa gak di modif buat tab 8 ?. masalah gak di tab dan batre tabnya? Sy nanya gini ampernya gde .kalau pake casan tabnya lama pengisianya ±5 jam baru penuh. Terima kasih ya jwbnya

    copycopy mengatakan...

    maaf mas ikut nanya...itu aku liat di skema yg dari sumber tegangan 6v setelah dioda zener ada R baru ntr masuk ke diodasilicon dan ke transistor D313..

    nah itu nilai R.nya bbrpa ohm mas ?

    Dwi Kurniawati mengatakan...

    Klo mau buat power bank yg inputannya pke generator kecil AC (dinamo sepeda) . Yg mau ditanyakan adalah , dinamo sepeda berdasarkan tegangan outputnya ada brpa macam ya ? Kan ada dinamo sepeda 12 Volt . Klo dinamo sepeda 6 Volt ada atau ga , dinamo cuma adanya yg 12 Vac aj ya ? Mkasih bnyk sblumnya .

    Anonim mengatakan...

    assalam mas mau tanya.
    gimana rangkaiannya untuk buat adaptor 9v 10A dgn keluaran stabil seperti batere li-po. saya udah buat dgn menggunakan ic L7809 dan transistor BU2508AF serta beberapa elco. tapi ketika saya kasih beban tegangan dan arusnya tidak stabil. gmna caranya ya untuk bisa stabil sperti batere li-po?? krna saya btuh untuk menggerakkan motor dc brushless..

    rofik mengatakan...

    halo mas lukman saya mau bertanya

    saya mau buat power bank iseng" karena tertarik tentang elektro

    saya sudah melihat skema di atas nomer 1,boleh minta detail komponennya berdasarkan kode diskema nomer 1
    dan juga ingin mencharge baterai power bank tanpa mencopotnya (karena mau saya pasang bodi)

    dan juga pemutus arus atau cut off menghindari batre rusak karena over charge

    Untuk charge batrenya apakah harus buat sendiri atau udah ada bawaan dari batre...kalo buat sendiri mohon dikasih petunjuknya mas,skema dan nama komponen yang harus dipakai?

    mohon pencerahan nya ya mas lukman

    «Paling tua ‹Lebih tua   1 – 200 dari 205   Lebih baru› Terbaru»

    Poskan Komentar